Kolaborasi BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Aceh Tengah Berdayakan Pelaku UMKM
  • By Widi a
  • 19 Juli 2024
  • No Comments

Kolaborasi BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Aceh Tengah Berdayakan Pelaku UMKM

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah resmi membuka kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Tahun 2024 pada Selasa (4/6/2024).

 

Acara yang berlangsung di Gedung Oproom Setdakab ini dibuka oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah, Sukirman

 

Pelatihan DEA ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Aceh Tengah.

 

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 4-7 Juni 2024, dan mengangkat tema “Pemasaran Digital Dasar, Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah dan Manajemen Oprasional Bisnis”.

 

Sebanyak 180 peserta yang terdiri dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pemula dan yang ingin memulai usaha ikuti pelatihan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Sukirman menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM Aceh Tengah agar dapat bersaing di pasar global yang semakin kompetitif.

 

“Pelatihan ini menjadi langkah strategis untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM agar dapat bersaing di pasar global yang semakin kompetitif,” katanya.

 

Sukirman juga berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga memperoleh wawasan baru tentang strategi pemasaran digital yang efektif. “Melalui pelatihan ini, kami berharap semoga para peserta dapat memperoleh wawasan baru tentang strategi pemasaran digital yang efektif. Dengan demikian, UMKM di Aceh Tengah tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga bisa berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah bahkan nasional,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, yang diwakili oleh Analis Data Ilmiah Ahli Madya BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencetak pengusaha digital baru dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul menghadapi era revolusi industri 4.0.

 

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan memiliki sasaran program untuk mencetak pengusaha digital baru dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0,” jelas Budiman.

 

Pelatihan ini menghadirkan instruktur profesional dan juga narasumber dari berbagai bidang, termasuk Kepala Dinas Kominfo Aceh Tengah, Ir. Khairuddin Yoes, yang memaparkan materi “Infrastruktur Digital untuk Mendukung Keberhasilan Perdagangan Digital” dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Tengah, Marwandi Munthe yang menjelaskan tentang “Peningkatan Pemanfaatan Marketplace untuk penguatan Ekosistem Ekonomi Digital”.

 

Keduanya memberikan materi yang relevan untuk membantu para peserta memahami pemasaran digital dan digitalisasi UMKM berbasis syariah.

 

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, UMKM di Aceh Tengah dapat berkembang lebih pesat dan beradaptasi dengan perubahan teknologi serta persaingan era digitalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *