Tetap Produktif Pada Saat Pandemi

Tetap Produktif Pada Saat Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum usai dan guna meminimalisir penyebarannya, masyarakat dihimbau untuk  menjaga jarak dan tetap berada di rumah. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor termasuk instansi pemerintah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Meskipun dinilai cukup efektif untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, namun setelah beberapa pekan bekerja dari rumah dengan seluruh anggota keluarga berada di rumah mungkin akan menimbulkan kejenuhan dan menurunkan produktivitas serta kreativitas kita. Bekerja dari rumah sepertinya menyenangkan terlebih di minggu minggu awal, namun apabila bekerja dari rumah tidak dilakukan secara bertanggung jawab akan menimbulkan beberapa kerugian seperti pekerjaaan yang tidak terselesaikan, produktivitas menurun dan kreativitas menjadi tumpul.

Tetap Produktif Saat Pandemi Website

Kemelut Virus Corona dalam Pusaran Hoaks

Munculnya Virus Corona

Mengawali Tahun 2020, dunia kembali digemparkan dengan penyebaran virus berbahaya dan mematikan. Publik menyebutnya sebagai virus corona. Kemunculan virus tersebut ditengarai berawal dari Kota Wuhan, ibukota Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus ini pertama kali dilaporkan ke WHO pada tanggal 31 Desember 2019. Individu terinfeksi pertama virus corona Wuhan menurut Pusat Sains dan Teknik Sistem (CSSE) di Universitas Johns Hopkins ditemukan di antara para penjaja kios di Pasar Makanan Laut Cina Selatan, Wuhan. Penyintas pertama tersebut menunjukkan gejala pada tanggal 8 Desember 2019. Pasar basah tersebut kemudian ditutup pada 1 Januari 2020. Pada 10 Januari, sekuensing gen lebih lanjut menentukannya sebagai coronavirus Wuhan baru yakni 2019-nCoV, dimana merupakan betacoronavirus terkait dengan virus sindrom pernafasan timur tengah (Mers-CoV) dan virus Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARSCov). Pada 23 Januari 2020, Wuhan sebagai kota yang diduga kuat sebagai sumber penyakit ini diisolasi. Transportasi umum dan perjalanan udara dari dan ke kota itu kemudian ditutup Pemerintah China. Pada 24 Januari Huanggang dan Ezhou, kota-kota yang berdekatan dengan Wuhan juga di karantina, disusul dengan beberapa kota lain di China

Kemelut Virus Corona dalam Pusaran Hoax

Artificial Intelligence

Abstrak

Dahulu, AI dianggap sebagai teknologi abstrak yang dipelopori oleh perusahaan berbasis hyperscale (contohnya Google, Microsoft, Baidu, dll), namun di masa kini sudah banyak sekali startup dan perusahaan besar lintas industri yang menjelajahi berbagai penerapan AI untuk memecahkan masalah bisnis dan sains. Mulai dari diagnosa berbagai penyakit, memprakirakan kapan mesin jet harus mendapat perawatan rutin, hingga membantu dalam mencegah tindak kriminal, potensi AI nyaris tidak terbatas. AI juga berdampak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kemampuan Instagram dan Facebook untuk men-tag foto dengan teknik pengenalan wajah yang menggunakan AI.

Secara mendasar, Artificial Intelligence (AI) dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, tapi ada dua jenis penerapan Narrow AI (AI Sempit) dan General AI (AI Umum).

Download Artikel

Internet of Things

ABSTRAK

Internet of thing menjadi sebuah bidang penelitian tersendiri semenjak berkembangnya teknologi internet dan media komunikasi lain, semakin berkembang keperluan manusia tentang teknologi, maka semakin banyak penelitian yang akan hadir, internet of things salah satu  hasil pemikiran para peneliti yang mengoptimasi beberapa alat seperti media sensor, radio frequency identification (RFID), wireless sensor network serta smart object lain yang memungkinkan manusia mudah berinteraksi dengan semua perlatan yang terhubung dengan jaringan internet. Dalam tulisan ini penulis memaparkan tentang sejarah internet of things, penerapan serta teknologi yang digunakan, seperti penggunaan internet of things pada bidang medis, cloud computing dan beberapa bidang keilmuan lain.  Ada beberapa bahan referensi yang digunakan sehingga penulis review ini bisa dilakukan, untuk memperkenalkan teknologi internet of things.

Secara mendasar Internet of  Things (IoT), CloudThings, RFID, Sensor Network.

Download Artikel

Big Data

Abstrak

Big Data merupakan kumpulan data yang volumenya super besar dan kompleks serta memiliki keragaman sumber data yang tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk diproses menggunakan perangkat pengelola database konvensional ataupun aplikasi pemroses data lainnya oleh karena itu perlu dikelola dengan metode dan perangkat bantu yang kinerjanya sesuai. Artikel ini akan diawali dengan pengertian dan karakteristik big data kemudian sejarah dan perkembangannya. Selanjutnya akan dipaparkan faktor-faktor yang memicu perkembangan pesatnya, klasifikasi data yang terdapat dalamnya, serta tahapan untuk mengelolanya. Bagian akhir artikel memuat berbagai contoh dalam pemicu perkembangan big data.

Download Artikel

Desain Gerafis

ABSTRAK

Desain grafis adalah merupakan desain yang diekspresikan oleh seorang desainer dalam bentuk apapun sesuai kreatifitasnya, abstak ini sifatnya lebih bebas, bahkan hal-hal yang belum nyatapun dapat ia ciptakan. Jenis desain abstrak ini lebih mengedepankan logika, imajinasi dan juga emosional. Biasanya hasil dari pemikiran abstrak ini menciptakan desain radikal. Awalnya sebuah karya desain abstrak ini dimulai dengan hal yang simple, contoh misalnya kita membuat sebuah garis, terus membuat garis selanjutnya tanpa aturan dan kita bisa atur ketebalannya, hal seperti itu pula isa menghasilkan sebuah desain abstrak. Jika sebuah logika, imajinasi, dan emosional sudah bertemu maka suatu ide yang menghasilkan karya terbaikpun akan dapat dihasilkan.

Download Artikel