Kajian Ekuin Februari 2017
POLICY BRIEF
Bidang Ekuin Bulan Februari 2017
PERTUMBUHAN EKONOMI SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
Oleh :
Tim Media Monitoring
Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
RINGKASAN
Berita bidang ekuin yang mendapat perhatian surat kabar terbitan bulan Februari 2017 ini adalah mengenai pertumbuhan ekonomi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor UMKM merupakan suatu potensi yang cukup besar di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatera Utara, hal inilah yang mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dispirindag) Provinsi Sumatera Utara yang mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke pasar internasional. Upaya yang dilakukan adalah dengan memperluas pasar UMKM dengan cara mendorong para pelaku UMKM turut serta mengikuti pameran baik berskala nasional dan internasional. Sasaran utama tahun 2017 ini adalah peningkatan daya saing UKM dan pedagang kaki lima meliputi peningkatan pendapatan dan pemberian bantuan yang dibutuhkan. Sepanjang tahun 2017 ini di sumatera Utara akan diadakan sejumlah pameran produk ekspor untuk mendukung dan mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas produknya. Untuk menyikapi kelemahan aktivitas perdagangan yang diakibatkan oleh krisis perekonomian global yang masih belum pulih, UMKM merupakan salah satu contoh usaha yang cukup dapat bertahan di tengah krisis perekonomian. Untuk itulah UMKM harus selalu didukung dan didorong maju untuk dapat terus bersaing di era perdagangan bebas saat ini. Sumatera Utara pada tahun 2017 ini akan melakukan pelatihan-pelatihan bagi UKM agar mampu meningkatkan kompetensi SDM di era perdagangan bebas MEA ini mulai dari penyusunan, pelaksanaan, implementasi, pelaksanaan audit internal dan mendapatkan sertifikat halal.