Beranda Berita Asesmen Akreditasi Kelembagaan Litbang Oleh KNAPPP

Asesmen Akreditasi Kelembagaan Litbang Oleh KNAPPP

123
0
BERBAGI

Balai Besar Pengembagan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan dikunjungi oleh tim Asesmen dari Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP), Kamis 19-20 Maret 2018 di Aula Kantor BBPSDMP Kominfo Medan. Dengan  tujuan  untuk memperoleh  akreditasi  kelembagaan dan pengakuan  sebagai lembaga  Litbang yang profesional. Adapun Tim Asesor Asesmen Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) adalah sebagai  Ketua Tim OK Sofyan, Anggota Arsyad D. Koedadiri, Eka Nuryanto, Kasubdit PMPK leyla Nirsa, Ses. KNAPPP Asep P.Adiwikarta.

BBPSDMP Kominfo Medan adalah perubahan nomenklatur dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan  Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan  yang semula  adalah Balai Penelitian Pers dan Pendapat Umum (BP3U) dengan kesejarahan  panjang sejak tahun 1952. Melalui Pereturan Menteri Komunkasi dan Informatika nomor 19 tahun 2017 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo. BBPSDMP Kominfo Medan memiliki Cakupan wilayah  kerja antara lain Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Perubahan ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi  yang dilaksanakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tugas BBPSDMP Kominfo Medan adalah melaksanakan  pengembangan sumber daya manusia dan penelitian dan pengembangan  bidang  komunikasi dan  informatika di wilayah kerja  dan daerah pebatasan. Ruang lingkup yang dimohonkan untuk diakreditasi dengan keberadaan dan kelengkapan sumber daya  litbang yang dimiliki  oleh BBPSDMP Kominfo Medan  yaitu 14.04- Teknik Sistem Informasi dan 34.04. Komunikasi  Media (media communication), dinyatakan dengan Pedoman KNAPPP 03: 2017.

BBPSDMP Kominfo Medan memiliki  perangkat kelengkapan sebagai Pranata Litbang  selaras  dengan  ruang lingkup  yang dimohonkan. SDM  fungsional  peneliti  madya (3 orang), peneliti  muda (4 orang), peneliti pertama (3 orang), non kelas (0 orang) di dukung  dengan  pustaka dan galeri 1 (satu). Publikasi  yang dimiliki  oleh BBPSDMP Kominfo Medan adalah  Jurnal TIK, Jurnal PIKOM (OJS) dan majalah Warta Litkayasa. Keseluruhan sistem manejemen mutu kelitbangan yang dituangkan  dalam klausul-klausul untuk unsur yang diperiksa telah dinilai berdasarkan persyaratan Pedoman KNAPPP 02: 2017. Ringkasan  dari pengamatan yang dijumpai/ diamati selama  kunjungan asesmen yang sangat penting, positif  maupun negatif, terkait dengan penerapan dan keefektifan sistim prosedur yang berlaku di Pranata Litbang :

        1. Penting
          • Pentingnya peningkatan keserempakan kegiatan dalam perubahan nomenklatur dari BBPPKI menjadi BBPSDMP Kominfo dengan munculnya bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan sasaran yang telah ditetapkan pranata litbang sesuai dengan tugas dan fungsinya.
        1. Positif
          • Hasil penelitian BBPSDMP Kominfo Medan telah digunakan sebagai dasar pengambil keputusan pembuatan kebijakan atupun praktek-praktek pembangunan  komunikasi dan informasi di lapangan dalam mendukung pencapaian kedaulatan  nasional (smart province, Renstra TIK).
          • BPSDMP Kominfo Medan ditunjuk sebagai tim seleksi dalam merekrut karyawan dari stakeholder di daearah (pemprov, pemkab/kota, swasta) dalam upaya menanggulangi   kekurangan  tenaga-tenaga ahli bidang TIK.
          • BBPSDMP Kominfo Medan telah menempatkan komunikasi dan informatika  sebagai komoditas superior, dicitrakan sebagai indikator kemajuan daerah secara manajerial  pemerintahan  yang dianggap baik.
          • BBPSDMP Kominfo Medan aktif menginformasikan dan meneruskan pengetahuan  ke masyarakat terkait manfaat komunikasi dan informatika dan problematikanya  yang dilaksanakan secara intensif melalui pelatihan TIK (internet sehat) kepada ibu- ibu dan generasi muda.
          • BBPSDMP Kominfo Medan secara regular  melakukan  sertifikasi  tenaga kerja bidang TIK sesuai dengan standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
        1. Negatif
          • Jenjang fungsional peneliti  antara peneliti  madya ke atas (peneliti utama) belum seimbang.
          • Sebagian besar peneliti (6 dari 10 peneliti) didayagunakan pada kegiatan administrasi

BBPSDMP Kominfo Medan untuk memperoleh akreditasi kelembagaan dan pengakuan  sebagai lembaga  Litbang yang profesional diharapkan perlu:

        1. Peningkatan koordinasi dan sinkronisasi program  maupun kegiatan  dengan Dinas Kominfo Provinsi dan kabupaten/kota di wilayah kerja serta pihk-pihak terkait  dalam membangun  Lembaga sertifikasi Profesi TIK di daeah-daerah.
        2. BBPSDMP Kominfo Medan terus mengupayakan inovasi teknologi komuikasi dan informatika yang berkelanjutan guna merevitalisasi potensi daerah dan meminimalisir kesenjangan  teknologi komunikasi dan infomatika di daerah.
        3. Mendorong publikasi ilmiah dari hasil–hasil riset.
        4. Mengawal penerbitan jurnal TIK dan PIKOM agar akreditasinya  tetap terpelihara.
        5. BBPSDMP Kominfo Medan tetap mendorong  kreativitas  para peneliti untuk melakukan  secara mandiri dan paralel kebijakan penelitian instruktif.(marta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here