BBPDSMP Kominfo Medan Bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar Kembali Selenggarakan Pelatihan DEA
  • By Eki Yoan
  • March 31, 2023
  • No Comments

BBPDSMP Kominfo Medan Bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar Kembali Selenggarakan Pelatihan DEA

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Aceh Besar Abu Bakar, S.Ag., resmi membuka kegiatan pelatihan Digital Entreprenurship Academy (DEA) Batch 3 dengan 100 peserta. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut merupakan kolaborasi antara BBPSDMP Kominfo Medan (Badan Penelitian dan Pengembangan SDM – Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Aceh Besar. 

“Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan dasar Pemasaran. Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan menyiapkan Sumber Daya Manusia unggul untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka peningkatan ekonomi digital.” ujar Abu Bakar dalam sambutannya di Aula Dekranasda Aceh Besar, Kamis (30/03/2023). 

Lebih lanjut, Abu bakar berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar memperhatikan pelatihan ini dengan baik. Ia menyebutkan bahwa pengetahuan tentang digital marketing sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM, diantaranya dapat menghemat biaya promosi, strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi.

“Oleh sebab itu yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis bisa cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk melakukan promosi digital marketing tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis dalam menghasilkan klien. Tapi digital marketing dapat pula menghemat anggaran iklan.” sambungnya. 

Semantara itu, perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan, Darliandra, S.Stat. menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan Digital Entreprenurship Academy ini merupakan kegiatan ketiga yang dilaksanakan di Aceh Besar bekerjasama dengan pemerintah daerah. Diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan DEA Batch 1 pada tanggal 3-4 Maret dan Batch 2 pada tanggal 28-29 Maret. 

“Pembinaan dalam kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan dengan dukungan fasilitas pelatihan dari mitra Dinas Kominfo Kab. Aceh Besar. Kegiatan ini akan dipandu oleh para instuktur yang berpengalaman yang telah lulus sertifikasi training of trainer pada bidangnya masing-masing.” terangnya.

Diketahui, kegiatan pembukaan juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Besar Khairul Huda, S.Kom., M.M., dan Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Aceh Besar Zahri, S.H.