BBPSDMP Kementerian Kominfo Selenggarakan Pelatihan VSGA bagi Lulusan Vokasi
  • By Eki Yoan
  • May 20, 2023
  • No Comments

BBPSDMP Kementerian Kominfo Selenggarakan Pelatihan VSGA bagi Lulusan Vokasi

BBPSDMP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan melaksanakan kegiatan Pelatihan Digital Talent Scholarship – Vocational School Graduate Academy (VSGA) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. 

Pelatihan tersebut diselenggarakan secara offline pada tanggal 15 – 19 Mei 2023 dan diikuti oleh 75 orang peserta. Pembukaan VSGA dilaksanakan di SMPN 1 Meureudu, Pidie Jaya pada Senin (15/05/2023). Hadir dalam kegiatan pembukaan Perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan Frans Hendra Suryanta Sembiring, S.T., M.SM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kab. Pidie Jaya T. Samsul Bakri, S.Pd. serta Sekretaris Dinas Kominfo Pidie Jaya, M. Riza Andika, S.Sos, M.Si 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kab. Pidie Jaya T. Samsul Bakri, S.Pd. menyampaikan bahwa dari masa ke masa, tenaga kerja yang handal merupakan tuntutan di setiap lembaga baik pemerintah maupun swasta. Untuk itu setiap calon tenaga kerja harus meningkatkan kompetensinya sehingga peluang dalam memperoleh pekerjaan atau kemampuan mengembangkan usaha akan lebih baik. 

“Apalagi di era globalisasi ini persaingan untuk menjadi tenaga kerja tidak hanya datang dari dalam negeri akan tetapi tenaga kerja asing juga sudah banyak kita temui di perusahaan besar maupun kecil, maka dari itu kita harus memiliki daya saing yang baik agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.” ujar Samsul Bakri. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pemanfaatan media digital sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan e-commerce, keuntungan bisnis yang signifikan dalam hal pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Namun masih banyak yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media digital dan belum memahami seberapa besar manfaat dan peran penggunaan media digital. Diharapkan para peserta pelatihan memanfaatkan peluang ini dengan mengikuti tahapan pelatihan dengan serius agar mendapatkan hasil yang optimal sehingga pengetahuan yang di dapatkan dapat dijadikan bekal untuk memperoleh pekerjaan yang layak atau dapat diterapkan dalam bidang kerja yang tengah digeluti.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan Frans Hendra Suryanta Sembiring menyampaikan saat ini Indonesia masih mengalami permasalahan terutama dalam hal skills gap talenta digital, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam bidang teknologi masih belum tercukupi. Tujuan pelatihan VSGA ini diantaranya adalah untuk mengurangi permasalahan bangsa terutama dalam hal keterbatasan kemampuan talenta digital, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam bidang teknologi saat ini masih belum tercukupi. 

“Dengan terselenggaranya pelatihan ini kita harapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi khususnya di Kabupaten Pidie Jaya.” ujarnya. 

Perlu diketahui bahwa kegiatan pelatihan VSGA terdiri dari kegiatan pembekalan oleh instruktur selama tiga hari yang kemudian diikuti dua hari kegiatan uji sertifikasi untuk mengetahui kompetensi peserta. Peserta yang berhak mendapatkan sertifikat adalah peserta yang telah dinyatakan lulus dalam uji kompetensi oleh Assesor.