BBPSDMP Kominfo Medan  Bekerjasama Dengan Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Thematic Academy
  • By Eki Yoan
  • June 23, 2023
  • No Comments

BBPSDMP Kominfo Medan Bekerjasama Dengan Pemkab Samosir Gelar Pelatihan Thematic Academy

Percepatan infrastruktur digital menjadi fondasi utama untuk menghadirkan layanan digital dan mendukung transformasi digital sesuai program yang dicanangkan pemerintah pusat. Untuk mendukung program Literasi Digital Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan  Pemerintah Kabupaten Samosir Dinas  Kominikasi  dan Informatika  Kabupaten Samosir dan Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara menggelar  pelatihan Thematic Academy dengan tema Aplikasi Perkantoran dan  Data Science bagi  para Guru dan tenaga  pendidikan, yang dilaksanakan  selama 3 (tiga) hari  mulai dari tanggal  20 – 22 Juni  2023 di SMP Neg. 2 Pangururan Kab.Samosir.

Kegiatan  pelatihan ini dihadiri oleh  Kepala PLT BBPSDMP Kominfo medan yang diwakili oleh Budiman , S.Sos, Bupati Samosir diwakili  Plh.Sekda Hotraja Sitanggang, S, M.M Kepala  Dinas Kominfo Kab.Samosir, Immanuel TP Sitanggang, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Samosir diwakili Faber Nadeak, S.Pd, MAP, para instruktur dan 77 orang peserta dari wilayah Kab. Samosir. Kegiatan ini menghadirkan nara sumber, Kepala Dinas Kominfo Kab.Samosir, Immanuel  TP Sitanggang dengan  materi : Strategi peningkatan literasi  dgital yang efektif  dalam konteks  komunikasi  dan informatika, dilanjutkan  dengan pemateri  dari Dinas pendidikan Faber Nadeak,S.Pd,MAP yaitu kemajuan teknologi pada bidang digital sangat membantu dan mempermudah pekerjaan.

PelatihanThematic Academy (TA) dibuka oleh Bupati Samosir diwakili Plh.Sekda Hotraja Sitanggang menyampaikan  Thematic Academy (TA) merupakan  langkah  tepat  yang dilakukan pemerintah untuk membekali tenaga pendidik di Kabupaten  Samosir  agar dapat mengoptimalkan  penggunaan  teknologi  dalam  proses belajar mengajar, berinovasi dan  mampu bersaing. “ Proses belajar mengajar  dimasa  lalu tidak  lagi sama dengan  masa  sekarang. Tenaga pendidik  harus berani mengambil  langkah untuk menyentuh teknologi informasi, mempelajari dan menerapkan dalam pekerjaan sebagai pendidik generasi  bangsa untuk  menghasilkan  sumber daya   manusia  yang unggul dan berbudaya  di Kabupaten Samosir,”ujar Hotraja.

Sementara itu Kepala PLT BBPSDMP Kominfo Medan diwakili oleh Budiman, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan  adopsi teknologi membutuhkan kolaborasi  multi pihak dari sector industry, pemerintah serta pemangku kepentingan terkait guna terwujudya ekositem digital nasional yang tangguh. Aspek  sumber daya manusia yang cakap dan adaftif terhadap perkembangan teknologi digital, dapat  memberikan dampak social ekonomi yang tepat sasaran, eksponensial serta berkelanjutan menuju Indonesia terkoneksi makin digital dan makin  maju. Senada dengan UNESCO, kemampuan literasi digital yang baik akan membantu memberantas kemiskinan melalui kemudahan akses pada pelayan social digital oleh pemerintah. Terbatasya akses pendidikan  dan tantangan  dalam memperoleh pendidikan  berkualitas bisa dibantu melalui kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan informasi digital. Diharapkan bagi peserta  guru dan tenaga pendidik dapat meningkatkan Sumber Daya (SDM) melalui mengembangan keterampilan dan talenta digital untuk medukung  percepatan  transformasi digital – Marthalina Sitanggang