BBPSDMP Kominfo Medan dan FST UINSU Menggelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Batch 2
  • By Eki Yoan
  • May 11, 2023
  • No Comments

BBPSDMP Kominfo Medan dan FST UINSU Menggelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Batch 2

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Medan bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema Pemasaran Digital Dasar kembali. Pelatihan DEA Batch 2  ini dilaksanakan di Aula Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara selama 2 (dua) hari, mulai  dari tanggal 10 s.d 11 Mei 2023 dan diikuti oleh 100 orang peserta

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan, Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan yang diwakili oleh Budiman S.Sos, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademi dan Kelembagaan Dr.Abdul Halim Daulay, S.T.,M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Komputer FST UINSU Ilka Zufria, M.Kom dan para Instruktur serta asisten Instruktur.

Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan yang diwakili oleh Budiman S.Sos menyampaikan bahwa pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship ini  bertujuan untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM. 

“Di Indonesia saat ini tulang punggung perekonomian kita adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi penyumbang 61,07% dari GDP nasional. Pemerintah memberi perhatian serius kepada 64.2 juta UMKM Indonesia untuk bisa onboard go digital, karena potensi ekonomi digital Indonesia yang besar. Bahkan, Pemerintah telah menargetkan agar pada 2024, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku melalui Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia,” jelasnya. 

“Melalui peta jalan itu diharapkan dapat menghasilkan unicorn dan startup digital baru di sektor jasa keuangan digital, digitalisasi perindustrian, media hiburan (digital broadcasting), pertanian dan perikanan digital, pendidikan digital, kesehatan digital, serta real-estate atau perkotaan digital. Peluang yang amat besar mengingat ekonomi digital Indonesia pada 2025 diproyeksikan berkembang dari USD44 miliar menjadi USD124 miliar atau setara dengan 40% dari nilai ekonomi digital ASEAN,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UINSU yang diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademi dan Kelembagaan Dr.Abdul Halim Daulay, S.T.,M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa urusan digitalisasi dalam kehidupan membawa peluang dan lapangan kerja baru yang luar biasa. Maka dari itu pula, ia sangat mengapresiasi pelaksanaan Digital Entrepreneurship Academy ini bisa diselenggarakan di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sumatera Utara.

 “Kalau selama ini kita harus memasarkan produk kita door to door, yang menghabiskan energi dan waktu, dengan digital marketing, kita bisa menjangkau calon pasar tau yang potensial menjadi sasaran kita, yang semuanya hanya berada di ujung jari, everything is in your fingertips. Dengan demikian yang menjadi kata kunci adalah, sejauhmana kita mau bertransformasi, membekali diri dengan ilmu seputar digital yang terkait dengan aktifitas dan bidang usaha kita masing-masing,” jelasya.

Ia pun berharap pelatihan ini bisa berjalan dengan lancar para peserta bisa mengikuti dengan serius sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini tercapai.

“Dalam pelatihan ini, disamping akan dibekali dengan product knowledge pemasaran dasar juga akan diperkaya dengan pemaparan dan sharing ilmu dari pengalaman-pengalan dan best practice dari para narasumber dan fasilitator kita yang hebat-hebat ini, yang kita harapkan akan bisa meningkatkan ilmu dan kapasitas sebagaimana yang menjadi harapan dan goal dari kegiatan ini dilaksanakan,” tutupnya.