• By Eki Yoan
  • October 2, 2023
  • No Comments

BBPSDMP Kominfo Medan Melatih dan Mensertifikasi Para Angkatan Kerja Muda Tahun 2023

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP KOMINFO) Medan bekerjasama dengan Unipersitas Harapan  Medan menyelenggarakan  kegitan Vocational School Graduate Academy (VSGA)  selama 5 (lima)  hari dilaksanakan di Kampus Universitas Harapan Medan Jln HM Joni Medan   tanggal  02-06 October 2023. Target peserta adalah Angkatan Kerja Muda lulusan program pendidikan vokasi yang belum mendapatkan pekerjaan atau tidak sedang bekerja. Dihadiri Dekan Fakultas Tehnik dan Komputer Dodi Siregar, S.Kom, M.Kom dan staff Dosen Ilham Faisal,M.Kom, Ahmad Zakir, ST,M.Kom.

Kegiatan VSGA  untuk melatih   dan mensertifikasi  para angkatan  kerja muda berbasis Standar Kerja Kompetensi  Kerja Nasional  (SKKNI) di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), pada Universitas Harapan Medan  Tahun 2023 ini, diikuti sebanyak 127  peserta yang terdiri dari tiga skema pelatihan antara lain Junior Network Administrator (JNW), Operator Komputer Madya (OKM) dan Junior Web Developer (JWD) yang menghadirkan  para instruktur profesional  dari internal BBPSDMP Kominfo Medan dan Mitra Kampus yang telah lulus  sertifikasi training of trainer pada bidangya masing-masing. Proses belajar berlangsung selama 3 (tiga) hari dan asesmen berlangsung selama 2 (dua) hari. Para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan Dr Christiany Juditta, S.Sos, MA yang diwakili Dra.Marthalina Sitanggang membuka acara secara resmi dalam  sambutannya mengatakan perkembangan dunia sekarang  tidak terlepas dari TIK, dimana-mana sekarang ini kita selalu berhubungan dengan TIK dan dunia digital. Aspek sumber daya manusia  yang cakap dan adaptif terhadap perkembangan  teknologi digital dapat  memberikan  dampak social ekonomi yang tepat sasaran serta  berkelanjutan  menuju Indonesia  terkoneksi, makin digital  makin  maju.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini kita harapkan dapat meningkatkan  kompetensi yang akan berdampak  dalam upaya  pengurangan  angka pengganguran tenaga kerja serta  mampu memenuhi  kebutuhan dengan meningkatkan kemampuan, keterampilan dibidang teknologi serta daya  saing SDM dibidang TIK dan pentingnya pengembangan SDM digital untuk akselerasi percepatan  transformasi digital  nasional.” Kepada mahasiswa dan mahasiswi  yang terpilih sebagai peserta VSGA agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dalam peningkatan kapasitas talenta digital untuk mendukung transformasi  digital dan semoga para peserta semuaya kompeten,” ujarnya.