BBPSDMP Kominfo Medan Selenggarakan VSGA Batch I di Pekanbaru

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja ahli bidang teknologi di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan program Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch I di Kota Pekanbaru. VSGA Batch I Kota Pekanbaru ini diadakan selama lima hari berturut-turut, dan diawali dengan pelatihan oleh para instruktur lalu dilanjutkan sertifikasi oleh tim asesor selama dua hari.

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi bagi lulusan SMK/sederajat yang belum bekerja. VSGA Batch I di Kota Pekanbaru terbagi dalam tiga skema pelatihan diantaranya Junior Network AdministratorData Management Staff, dan Video Editor.

Pada saat pembukaan kegiatan, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, yang diwakili oleh Koordinator Bidang Penelitian, Budiman, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Terimakasih khususnya kepada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru atas kerjasama pengembangan SDM TIK di kota Pekanbaru.”, ujarnya.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Pemerintah Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, ST, MT, menyampaikan harapan pemerintah Kota Pekanbaru yang berkeinginan mempercepat kebangkitan ekonomi pasca pandemi melalui transformasi digital.

“Tentunya kebangkitan ekonomi perlu dibarengi dengan kehadiran talenta-talenta digital terbaik. Penyelenggaraan pelatihan pengembangan talenta digital melalui Digital Talent Scholarship (DTS) ini merupakan salah satu upaya bersama dalam pengembangan talenta digital di kota Pekanbaru.”, ujarnya.

Terdapat dua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terlibat dalam dalam pelaksanaan VSGA Pekanbaru Batch 1, yaitu LSP Informatika Jakarta dan LSP Teknologi Digital Yogyakarta.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *