BIMTEK DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI VSGA DI KABUPATEN BIRUEN

Dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam menghadapi transformasi digital 4.0, khususnya di lingkungan Kabupaten Bireuen, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan melaksanakan kegiatan pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) untuk sebanyak 75 peserta di Hotel Fajar, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. (31/05/2022)

Pada kegiatan VSGA di Kabupaten Bireuen ini, BBPSDMP Kominfo Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Bireuen dan LSP P3 Teknologi Digital sebagai Tim Assesor. Kegiatan VSGA ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 31 Mei – 4 Juni 2022 dengan tiga hari pembekalan dan dua hari uji kompetensi oleh assessor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Kegiatan VSGA di Kabupaten Bireuen ini terdiri dari tiga skema yaitu data management staff (DMS)junior network administrator (JNA) dan junior web developer (JWD).

Kepala BBPSDMP  Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan dengan terselenggaranya program VSGA ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para peserta pelatihan yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Bireuen yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bireuen, Mulyadi, SH. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan, yang telah mempercayakan dan melaksanakan kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) selama 5 (lima) hari di wilayah Kabupaten Bireuen.

Diselenggarakan kegiatan ini merupakan sebuah langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media dalam peningkatan kapasitas SDM di dalam mempengaruhi pembangunan di daerah, karena Teknologi yang canggih perlu didukung oleh sumber daya manusia yang mampu memanfaatkannya secara optimal.  Maka, kemajuan bidang teknologi perlu diikuti dengan pengembangan sumber daya manusia yang akan menggunakan teknologi tersebut yang didapat dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan seperti saat ini.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kab. Bireuen, M. Zubair, S.H, M.H, menyampaikan “Saya perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Bireuen, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terealisasinya kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten Bireuen dan BBPSDMP Kominfo Medan dalam mewujudkan sinergi pelatihan digital ini dalam rangka mempersiapkan SDM, khususnya SDM di lingkungan Kabupaten Bireuen menghadapi era transformasi digital. Adapun ruang lingkup kerja sama adalah penyelenggaraan bimbingan teknis literasi dan pertukaran tenaga ahli bidang teknologi informasi dan komunikasi. Insya Allah kerjasama yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas”, ujar beliau.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *