Bimtek Literasi TIK Jaringan Tingkat Dasar Bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Nias Barat

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan bimbingan teknis literasi TIK (jaringan TIK kompetensi tingkat  dasar) selama empat  hari, tanggal 19 s.d. 22 November 2016, di Aula Kantor BBPPKI Medan. Bimbingan Teknis (Bimtek) diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Barat. Bimtek dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Pemerintah Kabupaten  Nias Barat khususnya staf Dishub Kominfo dalam peningkatan kompetensi jaringan  tingkat dasar.

Kepala bagian Tata Usaha  BBPPKI Medan Abdul Rahman Harahap,S.Sos, M.Si dalam laporan panitia menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini  merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman/kerjasama antara Dinas Perhubungan Kominfo Nias Barat dengan BBPPKI Medan yang telah ditanda tangani kedua belah pihak pada bulan  Agustus 2016. Bimbingan teknis TIK  dengan menghadirkan nara sumber dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara yang juga relawan TIK Sumatera Utara bapak Syurahbil, SSi, M.Comp.SC, Abdul Muis, ST serta didampingi oleh Instruktur dari BBPPKI Medan yaitu Erwin antonius Manurung, ST., Marudur pandapotan Damanik, ST., M.Eng., Meilinia D. Ginting, S,Kom., dan Alex Siregar, S.Kom.

Kepala BBPPKI Medan, Drs.Irbar Samekto MSI, dalam sambutannya mengatakan terimkasih kepada pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah mengimplementasikan Perjanjian Kerjasama antara BBPPKI Medan dengan Dishub Kominfo Kabupaten Nias Barat untuk membangun Sumatera Utara menjadi lebih maju. Membangun tidak harus dengan infrastruktur kuat tapi membangun dalam pribadi kita masing-masing, tanpa adanya skill SDM bagaimana organisasi berjalan dengan  lancar. Oleh karena itu BBPPKI Medan punya keinginan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia  yang handal dan memiliki kompetensi dalam rangka membangun masyarakat menjadi lebih baik begitu juga kedepannya Nias Barat kiranya cepat berkembang Bidang pelayanan Publik berbasis TIK.

Sekretaris Dinas Perhubungan  Kominfo Kabupaten Nias Barat Hezisokhi Gulo, S.Ag dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi dan  menyambut baik pelaksanan bimtek TIK dilaksanakan bagi staf Dinas Perhubungan Kominfo Kabupaten Nias Barat. Perkembangan kominfo di Nias Barat sangat terbelakang khususnya di Dishub Kominfo dan belum terbentuk baru ada  pada tahun 2017. SDM di Dishub Kominfo baru  dua  orang  selainnya  pegawai tidak tetap dengan adanya pendidikan tingkat dasar jaringan TIK bisa diterapkan dalam pengembagan SDM Kabupaten Nias Barat. Peserta bimtek TIK diharapkan memahami analisis dan perancangan Jaringan Komputer, setting dan konfigurasi jaringan, trouble shooting dan maintenance serta adminitstrator jaringan Komputer menggunakan windows server dan Ubuntu linux server.(marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *