Bupati Sijunjung: Pelatihan DEA Sejalan dengan Program Pemerintah Daerah  untuk Menumbuhkan 1000 Wirausaha
  • By Eki Yoan
  • March 15, 2023
  • No Comments

Bupati Sijunjung: Pelatihan DEA Sejalan dengan Program Pemerintah Daerah untuk Menumbuhkan 1000 Wirausaha

BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy  (DEA) dengan tema Pemasaran Digital Dasar di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan pelatihan DEA Batch 2 yang diselenggarakan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung. 

Bupati Kabupaten Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si., dalam sambutannya saat kegiatan pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan ini sejalan dengan program pemerintah daerah yaitu menciptakan/menumbuhkan 1000 wirausaha baru yang telah berjalan melalui fasilitasi seluruh perizinan, sosialisasi, bimbingan teknis atau pendidikan pelatihan bagi pelaku umkm dan calon wirausaha baru secara gratis, kemudian juga memberikan bantuan modal usaha dan bantuan peralatan melalui alokasi dana APBD, serta memfasilitasi akses keuangan bagi usaha mikro kecil dan menengah melalui pinjaman dana bergulir bagi pelaku umkm di kabupaten sijunjung dengan bunga yang cukup rendah 0,5 % perbulan dan pada tahun 2023 ini dianggarkan sebesar 1 milyar.

“Dengan adanya pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Sijunjung, diharapkan pelaku UMKM dapat berkerjasama dengan BBPSDMP Kominfo Medan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang digitalisasi agar pelaku UMKM mampu meningkatkan dan mengembangkan pendapatan usaha dengan memanfaatkan teknologi, dalam rangka mendorong meningkatkan daya saing produk.” ujar Benny dalam sambutannya di Gedung Pancasila Kabupaten Sijunjung, Senin (13/03/2023). 

Senada, Perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan Frans Hendra Suryanta Sembiring Pemanfaatan infrastruktur digital juga diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi digital. Di Indonesia saat ini tulang punggung perekonomian kita adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi penyumbang 61,07% dari GDP nasional. Pemerintah memberi perhatian serius kepada 64.2 juta UMKM Indonesia untuk bisa onboard go digital, karena potensi ekonomi digital Indonesia yang besar. Bahkan, Pemerintah telah menargetkan agar pada 2024, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku melalui Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia.  

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan bahwa pelatihan Digital Enterpreneurship Academy dengan tema Pemasaran Digital Dasar dilaksanakan melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tangal 13-14 Maret 2023 yang diikuti oleh 100 orang peserta.” terang Frans. 

Dalam kesempatan tersebut, turur dihadiri oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Sijunjung Riri Benny Dwifa dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung David Rinaldo, S.STP.