Cerdas dan Produktif Berinternet di Masa Pandemi

Salah satu program kerja Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan adalah menyelenggarakan kegiatan layanan pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi masyarakat, karena itu BBPSDMP Kominfo Medan melaksanakan Pelatihan TIK dengan tema “Cerdas dan Produktif Berinternet Di Masa Pandemi” pada tanggal 26-27 Agustus 2020 yang dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh 55 peserta dan secara luring yang diikuti oleh 32 peserta. Pelatihan secara luring dilaksanakan di Galeri Internet BBPSDMP Kominfo Medan yang pesertanya adalah kaum ibu dan anak yang berasal dari Kelurahan Indra Kasih, Kelurahan Sidorejo, Kelurahan Sidorejo Hilir dan Kelurahan Banten.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 wib pagi secara daring yang dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dr.Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA dan Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Prof Henri Subiakto, MA.

Dalam sambutannya Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi mengatakan bahwa pengguna internet terus bertambah namun pemanfaatan internet saat ini lebih banyak untuk media sosial dan percakapan (chatting) dibandingkan dengan kegiatan yang produktif.

Selaras dengan hal tersebut Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo menyampaikan bahwa dengan semakin bertambahnya pengguna internet dan semakin luasnya akses internet diharapkan terjadi peningkatan produktivitas yang akan berdampak dalam peningkatan kemampuan pemahaman TIK ibu dan anak dan diharapkan ibu rumah tangga juga dapat membantu peningkatan kesejahteraan keluarga melalui penggunaan internet yang cerdas dan produktif.

Dalam kesempatan yang sama Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum menyampaikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi sudah merambah ke segala bidang dan membantu dalam segala segi kehidupan kehidupan masyarakat termasuk ibu rumah tangga dan anak. Terlebih di masa pandemi saat ini segala jenis aktivitas dilakukan secara daring termasuk pembelajaran bagi anak yang didukung oleh kaum ibu dalam hal pendampingan pembelajaran. Kaum ibu dan anak juga dharapkan dapat menggunakan internet secara cerdas dan produktif agar mereka mendapat manfaat maksimal dari penggunaan internet secara aman dan tepat guna. Penyelenggaraan kegiatan ini mendapat apresiasi dari para peserta yakni kaum ibu dan anak yang cukup antusias mengikuti kegiatan pelatihan baik secara daring dan luring dan berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *