Coaching Survei Penggunaan TIK

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika Medan pada tanggal 23 Mei 2018 melaksanakan pelatihan pengisian kuesioner  (coaching) survei penggunaan TIK serta  implikasinya terhadap aspek sosial budaya masyarakat tahun 2018 bertempat di Aula BBPSDMP Kominfo Medan.

Coaching ini dihadiri Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto Msi, Kabid Penelitian Kominfo Budiman S.Sos, Tim Leader penelitian survei indikator TIK dari Puslitbang Aptika dan IKP Jakarta Hariati, Iin Indah Maharani, para fungsional peneliti,  dan Litkayasa dilingkungan BBPSDMP Kominfo  Medan.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si dalam arahan pembukaan coaching menyampaikan dalam pelatihan pengisian kuesioner  survei penggunaan TIK penting dipelajari dan mengenai masalah keseluruhan teknis agar dapat mengerti. Cobalah untuk meminilisir kesalahan-kesalahan pada saat pengumpulan data  berlangsung dilapangan.

Hariati, dalam paparannya menyampaikan tujuan dilaksanakan pelatihan pengisian kuesioner (coaching) survei penggunaan TIK merupakan sebagai bahan untuk turun kelapangan pengumpulan data, tadinya indikator TIK untuk rumah tangga sekarang  untuk pengguna TIK dan pengaruhnya terhadap sosial budaya.

Lanjutnya hal-hal yang ingin ditekankan adalah integritas dilapangan, karena para pengumpul data banyak melakukan kecurangan dalam pengumpulan data. Oleh kerena itu para pengumpul data sebelum kelapangan buat surat pernyataan  bermaterai 6000, yang menyatakan dalam data  yang diambil benar-benar asli dan bukan hasil rekayasa. Coaching  survei penggunaan TIK tersebut berjalan cukup dinamis diisi dengan tanya jawab  yang sangat antusias oleh para fungsional peneliti dan Litkayasa.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *