Diskusi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Terindeks Global

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Medan menyelenggarakan Diskusi Penulisan  Karya Tulis Ilmiah untuk Jurnal Terindeks Global, pada Kamis, 22 Febuari 2018 di Aula Kantor Balai Besar Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan Jalan Tombak No. 31 Medan. Diskusi penulisan karya ilmiah ini.dihadiri Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M. Si, para peneliti, dan tim redaksi jurnal Teknologi Informasi Komunikasi dan  tim jurnal komunikasi Pembangunan. Bahan diskusi dibawakan sekaligus dipandu olah narasumber Robi Rahim, S. Kom., M.Kom.

Tujuan dilaksanakannya diskusi ini adalah memberikan teknik-teknik penulisan artikel yang baik sehingga dapat dipublikasikan dalam publikasi terindeks global. Narasumber memaparkan langkah-langkah agar artikel yang dihasilkan berkualitas dan dapaat diindeks oleh Scopus atau Thomson. Dalam diskusi juga dibahas hal-hal apa saja yang menjadi penyebab  suatu naskah ditolak dalam publikasi terindeks global.

Untuk menembus jurnal internasional, suatu penulisan artikel yang berkualita membutuhkan persiapan-persiapan dan waktu yang tidak sebentar. Salah satu teknik yang ditekankan oleh narasumber untuk diikuti adalah memastikan suatu artikel telah direview beberapa kali sebelum diajukan. Jika tidak memiliki kolega untuk mereview, penulis artikel dapat mempublikasikannya dalam bentuk preprint untuk direview oleh para pembaca. Untuk menembus publikasi terindeks global, penulis sangat tidak disarankan mengajukan draft pertama naskah yang belum direview terlebih dahulu. Narasumber juga menjelaskan teknik pemilihan kata kunci. Kata kunci harus dirancang unik, karena pencarian artikel sangat ditentukano oleh kata kunci. Artikel yang paling sesuai dengan kata kunci yang dicari pembaca akan muncul di urutan teratas pada daftar hasil pencarian.

Jika suatu artikel terpublikasikan melalui publikasi terindeks global, maka hal ini akan memberikan sumbangan angka kredit yang cukup besar bagi peneliti. Demikian pula, jurnal yang menerapkan syarat-syarat bagi artikelnya sesuai ketentuan syarat publikasi terindeks global seperti Scopus dan Thomson, akan memberikan nilai yang besar bagi jurnal tersebut saat proses akreditasi LIPI.(marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *