Dukung Program Riau Digital dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPSDM Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Gubernur Riau
  • By Eki Yoan
  • August 25, 2023
  • No Comments

Dukung Program Riau Digital dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPSDM Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Gubernur Riau

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika Dr. Eng. Hary Budiarto M.Kom, IPM menandatangani kontrak kerjasama dengan Gubernur Riau H. Syamsuar pada acara dialog publik bersama pelaku UMKM di Provinsi Riau pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Dialog publik dengan tema Peningkatan Inklusivitas Digital untuk UMKM dan Pemuda  Riau di Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Budi Arie Setiadi menyebutkan 9.000.000 jumlah talenta digital yang dibutuhkan dalam periode tahun 2015 – 2030 untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

Kemudian Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai program Digital Talent Scholarship (DTS) untuk pengembangan SDM/Talenta Digital. Program DTS untuk meningkatkan sumber daya manusia telah melatih lebih dari 500.000 talenta digital Indonesia dari tahun 2018.

“Program pengembangan sumber daya manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Program Digital Talent Scholarship dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di Provinsi Riau untuk terus meningkatkan kemampuan terkait teknologi digital dan kebutuhan industri akan talenta digital tersebut serta mempercepat proses digitalisasi demi kemajuan masyarakat di Provinsi Riau,” jelas Menkominfo.

Kemudian potensi UMKM di Indonesia juga sangat besar untuk meningkatkan talenta digital. Gubernur Riau H. Syamsuar juga menjelaskan bahwa  potensi UMKM di Provinsi Riau sangat besar dengan banyaknya hasil ekonomi kreatif (ekraf) Provinsi Riau yang menembus pasar nasional dan internasional. Selain itu  Gubernur Riau juga menjelaskan daftar aplikasi yang dikelola oleh pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung UMKM.   Tidak hanya pada sub sektor kuliner namun potensi unggulan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Provinsi Riau juga pada berbagai sektor lain seperti seni pertunjukan, kriya, fesyen, seni rupa, aplikasi serta sektor film dan video.

Pada Provinsi Riau, program DTS juga bermitra dengan Politeknik Negeri Bengkalis dan Politeknik Caltex Riau dalam pelatihan Vocational School Graduate Academy serta Universitas Riau untuk pelatihan Fresh Graduate Academy.

“13 tahun kedepan adalah tahun tahun yang menentukan bagaimana kita dapat melompat menjadi negara maju atau tidak. Saya percaya bahwa anak muda selalu memberi arti bagi perubahan di seluruh dunia dan diseluruh masa. Perubahan dan kemajuan itu kuncinya ada di anak muda,” ungkap Menkominfo.

Dalam acara ini turut hadir Plt. Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitan (BBPSDMP) Kominfo Medan, Yusrizal S.Kom., M.Eng. BBPSDMP Kominfo Medan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan 7 Wilayah Kerja yang salah satu diantaranya adalah Provinsi Riau. Sehingga diharapkan dengan penandatanganan kontrak kerjasama antara BPSDM Kominfo Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Gubernur Riau yang disaksikan secara langsung oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi lebih banyak lagi masyarakat khususnya masyarakat di Provinsi Riau yang mengikuti program pelatihan Digital Talent Scholarship. Program Digital Talent Scholarship dapat diakses secara gratis melalui situs https://digitalent.kominfo.go.id/. Ada berbagai akademi pelatihan pada Program DTS yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA),  Professional Academy (ProA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Digital Leadership Academy (DLA) serta Talent Scouting Academy (TSA) – Widia