Dukung UMKM di Kab. Labuhan Batu Utara, BBPSDMP Kominfo Medan Kembali Gelar Pelatihan DEA
  • By Eki Yoan
  • February 23, 2023
  • No Comments

Dukung UMKM di Kab. Labuhan Batu Utara, BBPSDMP Kominfo Medan Kembali Gelar Pelatihan DEA

BBPSDMP Kominfo Medan selenggarakan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) dengan tema Pemasaran Digital Dasar dmelalui Kerjasama kemitraan dengan Pemerintah Kab. Labuhan Batu Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tangal 21 – 22 Februari 2023 dan diikuti oleh 100 orang peserta.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku Leading Sektor dalam akselerasi transformasi digital nasional terus mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)/Talenta Digital Indonesia secara komprehensif pada 3 (tiga) tingkatan, baik di tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital yang telah menjangkau 5 juta orang masyarakat, di tingkat menengah melalui Digital Talent Scholarship (DTS) dengan 200.000 ribu orang terlatih, lalu di tingkat lanjutan melalui Digital Leadership Academy (DLA) yang memberikan pembekalan kepada 400 orang pemimpin C-level dari sektor publik maupun privat.

Beragam pelatihan yang diadakan melalui Gerakan Nasional Literasi Digital didasarkan pada 4 pilar utama, yakni digital skills, digital culture, digital ethics, dan digital safety, yang diberikan pada kelompok-kelompok masyarakat yang lebih spesifik agar pelatihan yang diberikan lebih tepat sasaran dan makin tepat guna. Untuk Digital Talent Scholarship (DTS), berbagai pelatihan digital dengan topik-topik seperti cloud computingartificial intelligencebig data analyticsdigital marketing, dan berbagai kecakapan digital teknis lain yang semakin dibutuhkan di era digital dapat dipilih oleh peserta DTS melalui 7 (tujuh) bidang Academy, yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Profesional Academy (Pro A), Government Trasformatioan Academy (GTA) dan Talent Schouting Academy (TSA). Selain pelatihan teknis, DTS juga memberikan fasilitasi sertifikasi global bagi peserta yang berminat dan menunjukkan performa yang baik. Untuk program Digital Leadership Academy (DLA), Kementerian Kominfo akan menggandeng 4 (empat) tambahan mitra universitas, yakni: Cornell UniversityMassachusetts Institute of TechnologyUniversity of Cambridge, dan Imperial College London. Keseluruhan program pengembangan SDM tersebut dapat diikuti oleh masyarakat umum, aparatur pemerintah dan swasta, akademisi, praktisi dan kelompok komunitas.

Kegiatan ini dipandu oleh para instuktur yang berpengalaman dan telah lulus sertifikasi training of trainer pada bidangnya masing masing.

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM.