Evaluasi Digital Talent Scholarship BBPSDMP Kominfo Medan bersama Mitra
  • By Eki Yoan
  • August 18, 2023
  • No Comments

Evaluasi Digital Talent Scholarship BBPSDMP Kominfo Medan bersama Mitra

Batam, 17 Agustus 2023 – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan selenggarakan evaluasi program Digital Talent Scholarship (DTS) dengan tema “Peningkatan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) melalui Sinergitas Kemitraan yang Efektif Pada Program DTS dan Vokasi” di HARRIS Barrelang Batam pada 16-18 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh para mitra BBPSDMP Kominfo Medan tahun 2023 yang meliputi perwakilan pemerintah kabupaten/kota, universitas, dan politeknik.

Membuka kegiatan evaluasi tersebut, Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal, S.Kom, M.Eng. menyampaikan apresiasi kepada para mitra yang hadir. “Apresiasi yang sangat besar kepada para mitra BBPSDMP Kominfo Medan dalam upaya untuk mereview capaian dan untuk perbaikan pelatihan kedepannya”, ujarnya.

Evaluasi ini diadakan untuk mereview pelatihan yang diadakan oleh BBPSDMP Kominfo Medan yang meliputi lima akademi pelatihan pada program Digital Talent Scholarship yang meliputi Digital Entrepreneurship Academy, Thematic Academy, Vocational School Graduate Academy, Fresh Graduate Academy, dan Government Transformation Academy.

Mengangkat tema besar mengenai IMDI atau Indeks Masyarakat Digital Indonesia yang merupakan suatu pengukuran tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaannya. IMDI menjadi salah satu tolak ukur dalam pengembangan SDM yang dilakukan oleh BBPSDMP Kominfo Medan.

 Pengukuran dengan Kerangka Indeks Literasi Digital ini menggunakan empat pilar, yaitu Infrastruktur dan Ekosistem, Keterampilan Digital, Pemberdayaan dan Pekerjaan. Infrastruktur digital merupakan fondasi utama dalam menentukan kualitas ekosistem dan lingkungan dalam masyarakat digital. Pilar ini menggaris bawahi pentingnya kesetaraan akses infrastruktur digital. Keterampilan digital adalah rangkaian kemampuan menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi dan internet untuk mengakses dan mengelola informasi. Kegiatan yang mencerminkan kemampuan digital masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup mereka (pemberdayaan ekonomi) atau aktivitas digital masyarakat yang menghasilkan pendapatan. Pilar pekerjaan berfokus pada keahlian digital terkait pekerjaan, di mana digitalisasi akan menciptakan tugas-tugas dan jenis pekerjaan baru yang menuntut keahlian baru.

Keempat pilar IMDI menjadi alasan yang rasional untuk memilih wilayah kerja BBPSDMP Kominfo Medan. Hasil survey dari Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dapat diunduh melalui https://imdi.sdmdigital.id/ untuk setiap kabupaten/kota.

Pada kegiatan evaluasi, masing-masing mitra diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil evaluasi kegiatan yang telah diselenggarakan. Masukan dan saran perbaikan yang disampaikan oleh para mitra akan dijadikan landasan untuk membenahi kegiatan agar semakin baik kedepannya.