Fasilitasi Sertifikasi SKKNI Bidang Komunikasi Bagi Angkatan Kerja Muda Di Kota Binjai

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, pada tanggal 25 s/d 27 Juli 2018 melaksanakan Fasilitasi Sertifikasi SKKNI Bidang Komunikasi Bagi Angkatan Kerja Muda di Kota Binjai. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini bertempat di Hotel Kardopa Binjai dan diikuti oleh 58 peserta yang merupakan lulusan SMK, D1, D2, D3 dan S1 bidang Komunikasi yang berasal dari Kota Binjai, Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 Juli 2018 dan dihadiri oleh Plh. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman, S.Sos, Kadis Kominfo Kota Binjai yang diwakili oleh Kabid IKP, Lindung Limbong, S.Sos, Direktur LSP TIK Surabaya, Ir. Edwin Suryosuptanto, MBA dan dibuka secara resmi oleh oleh Walikota Binjai yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM dan Kemasyarakatan Kota Binjai, Ir. Efi Yuniman Mendrofa. Dalam sambutannya mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Kabid Penelitian Kominfo, Budiman,S.Sos mengatakan Fasilitasi Sertifikasi SKKNI ini merupakan bentuk tanggung jawab negara terhadap pengembangan SDM angkatan kerja muda agar mereka dapat meningkatkan kompetensi diri dan memiliki daya saing tinggi dalam mencari kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sementara itu Direktur LSP TIK Surabaya, Ir. Edwin Suryosuptanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kompetensi kerja merupakan spesifikasi yang terdiri dari sikap kerja (attitude), pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) maka diharapkan para peserta benar-benar mengupayakan peningkatan ketiga hal tersebut. Demikian halnya dengan Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM dan Kemasyarakatan Kota Binjai, Ir. Efi Yuniman Mendrofa dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pilar Pembangunan SDM Indonesia yang pertama adalah Pelatihan Berbasis Kompetensi (Lemdiklat) yang kedua adalah Standar Kompetensi (SKKNI dan KKNI) dan yang ketiga adalah Asesmen Berbasis Kompetensi (LSP dan BNSP). Sebagai penutup sambutannya, Ir. Efi Yuniman Mendrofa mengharapkan kesempatan Fasilitasi Sertifikasi ini agar dipergunakan sebaik mungkin oleh para peserta agar mereka dapat meningkatkan kompetensi dan mampu bersaing dengan angkatan kerja lainnya bahkan diharapkan para peserta mampu menciptakan peluang kerja baru sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (RATNA)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *