Fasilitasi Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Di Kabupaten Siak

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi angkatan kerja muda bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang pada kesempatan kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dan Lembaga Sertifikasi Profesi Komputer bertempat di Hotel Mutiara, Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari dimulai dari tanggal 15 s.d. 19 Oktober 2019 dan diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta yang berasal dari lulusan SMK, D1, D2, dan D3 bidang TIK di wilayah Kab. Siak dan sekitarnya.

Acara pembukaan yang digelar tanggal 15 Oktober 2019 dibuka secara resmi oleh Bupati Kab. Siak yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Siak, Bapak Drs. H. Arfan Usman, M. Pd,. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan penghargaan bagi Pemerintah Kab. Siak karena Kab. Siak sedang berbenah menuju Smart Regency/City. Namun, dalam memaksimalkan Smart Regency/City ini Pemerintah Kabupaten Siak mengalami hambatan yaitu kekurangan SDM di Bidang TIK. Upaya perekrutan tenaga kerja bidang TIK sudah dilakukan, namun kuota yang terpenuhi hanya 10% dari yang diharapkan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan/hambatan yang terjadi pada Pemerintah Kab. Siak dengan lahirnya SDM TIK yang tersertifikasi untuk mengisi kekurangan SDM Bidang TIK yang kompeten di Pemerintahan Kab. Siak.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si memberikan sambutan, Beliau mengatakan pada tahun 2030, kompetensi ICT Skill tingkat advanced akan berkembang di bidang networking dan programming karena pada tahun tersebut pemanfaatan penggunaan TIK akan meningkat sebesar 55% menuju revolusi industri 4.0. Oleh sebab itu, Kementerian Kominfo menggencarkan sertifikasi kompetensi (SKKNI) dengan menyiapkan SDM TIK menuju MEA. Bagi peserta, nantinya diharapkan dapat membantu Pemerintah Kab. Siak dengan e-government dan Smart Regency/City. Beliau juga mengharapkan pada SKKNI tahun ini, tingkat kompetensi peserta di Kab. Siak dapat meningkat dari 2 tahun sebelumnya yaitu sebesar 70% dan tahun ini agar bisa ditingkatkan menjadi 90% atau lebih.

Dalam pelaksanaannya, bimtek dan sertifikasi ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu 3 (tiga) hari pembekalan oleh instruktur dan dilanjutkan dengan 2 (dua) hari uji kompetensi oleh Asesor dari LSP Komputer dengan skema yang diujikan yaitu  Junior Network Administrator, Junior Technical Network, Junior Programming, Junior Graphic Design, dan Junior Technical Support serta diakhiri dengan pembekalan entrepreneurship oleh Narasumber.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *