Beranda Berita KETERSEDIAAN BAHAN POKOK MENJELANG RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1439 H

KETERSEDIAAN BAHAN POKOK MENJELANG RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1439 H

83
0
BERBAGI

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan coffee morning di Aula Transparansi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 9 Mei 2018. Dengan mengangkat tema “Ketersediaan dan Kestabilan Harga 9 (Sembilan) Bahan Pokok di Provinsi Sumatera Utara”.

Turut hadir  di kegiatan coffee morning Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Abdul Aziz, S. Sos, M.AP, narasumber Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Misbah, Asisten Perum Bulog Divre Sumut, Brayunsyah, SKPD Provsu serta para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Dinas Kominfo Provsu.

Kegiatan coffee morning tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP. Dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menghimbau kepada Masyarakat Sumatera Utara untuk tidak khawatir dalam menghadapi  Bulan Suci Ramadhan maupun Idul Fitri 1439 H, dalam ketersediaan bahan dan kestabilan harga pokok pangan. Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri kebutuhan pangan meningkat, yang berpotensi terjadinya lonjakan harga bahan pangan, ujar Kepala Dinas Kominfo Provsu.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Misbah, selaku narasumber mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumut tetap melakukan monitoring harga bahan pokok setiap harinya dengan  melakukan pengawasan ke toko retail dan pasar tradisional yang dilakukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Konsumen, juga pengelolaan standar yang berada di Kota Medan, Pematang Siantar, Kisaran, Sibolga langsung sampai di daerah bawahannya.

Assisten Perum Bulog Divre Sumut Brayunsyah mengatakan berdasarkan PerPres No. 48 Tahun 2016, Perum Bulog ditugaskan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi  harga pangan pada tingkat konsumen dan produsen khususnya untuk jenis  pangan pokok beras, jagung dan kedelai.

Lanjutnya hal ini sesuai misi Bulog menjamin ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas komoditas pangan pokok dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Perum Bulog dan instansi terkait akan melakukan operasi pasar, sehingga stok bahan kebutuhan pokok tetap tersedia dan dipastikan harga bahan pokok tidak akan naik.

Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri diharapkan kepada masyarakat Sumatera Utara agar lebih cerdas dan selektif dalam membeli bahan pokok pangan. Belilah bahan pokok pangan sesuai dengan kebutuhan untuk menghindari terjadinya penimbunan barang, sehingga dapat mencegah terjadinya kelangkaan stok bahan pangan dan tidak terjadinya lonjakan harga bahan pokok pangan di Sumut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here