Kuliah Umum Antisipasi Konten Hoax di Media Sosial

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama  dengan pogram Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumateta Utara, menyelenggarakan kuliah umum antisipasi konten Hoax di media Sosial, pada Senin 19 Maret 2018, di Aula Kantor Balai Besar Pengembangan  SDM Komunikasi dan Informatika Medan Jalan Tombak No. 31 Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial UINSU, Prof. DR. Ahmad Qorib, MA, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UINSU DR. Hasan Sazali,MA dan mahasiswa-mahasiswi UINSU.

Sambutan sekaligus membuka acara secara resmi Kepala BBPSDM Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, dalam sambutanya mengatakan   kegiatan   diselenggarakannya   kuliah  umum  menindaklanjuti  kerjasama BBPSDMP Kominfo Medan  dengan Fakultas Ilmu Sosial UINSU dalam memperkuat ilmu pendidikan dan profesi keguruan. Dengan menghadirkan  nara sumber Prof. DR. H. Hendry Subiakto, Staf Ahli Menkominfo RI, Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga.

Dalam  paparannya nara sumber Prof. DR. H. Hendry Subiakto, menjelaskan pengertian Hoax dan dampaknya bagi masyarakat. Hoax adalah pesan yang dibuat  tujuannya  mengelabui  dengan cara  memasulkan  fakta. Ciri-cirinya Hoax yaitu menciptakan  kecemasan, kebencihan, permusuhan, juga pemujaan berlebihan, sumber medianya tidak jelas, tidak ada  yang bisa dipertanggungjawabkan atau klarifikasi kebenaran pesan itu.

Dampak maraknya Hoax dan Hate Speech menyebabkan terjadinya cara berpikir dan opini  yang salah karena teracuni informasi yang  masuk. Masyarakat menjadi tidak percaya dengan aparat dan pemerintah, masyarakat  jadi  saling  curiga, terjadi pengelompokan dan radikalisme dimana hal ini akan menimbulkan rawan terjadinya eskalasi konflik dan kerusuhan  atau hate crime, yang dapat merusak demokrasi, memecahkan NKRI dan menjelekkan agama.

Kulish umun diakhiri dengan penyerahan cenderamata disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UINSU DR. Hasan Sazali, MA dan Bapak Dekan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UINSU, Prof. DR. Ahmad Qorib, MA kepada Staf Ahli Menkominfo RI, Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga Prof. DR. H. Hendry Subiakto. (marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *