Kunjungan BBPSDMP Kominfo Medan ke Universitas Telkom Bandung

Demi mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju di tahun 2025, Universitas Telkom Bandung  turut berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional terutama di bidang TIK. Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi  Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Medan yaitu melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dan penelitian di bidang komunikasi dan informatika di wilayah kerja dan daerah perbatasan. Sinergi ini dimanfaatkan oleh jajaran BBPSDMP Kominfo Medan dengan mengajak mitra kerja seperti Kepala Dinas Kominfo Kab. Nunukan, Kepala Dinas Kominfo Kab.Labuhan Batu, Kepala Dinas Kominfo Kota Sibolga dan Kepala Dinas Kominfo Kab.Paser  untuk mengunjungi Universitas Telkom Bandung pada tanggal 16 Maret 2018.

Salah satu institusi yang dikunjungi dalam lawatan ke kompleks Kampus Universitas Telkom tersebut adalah Bandung Techno Park. Direktur Bandung Tecno Park, Dr. Adi Wijaya dalam sambutannya mengatakan  Bandung Tecno Park hadir dengan membawa misi untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dengan menghasilkan lulusan start up yang memiliki wawasan internasional dan memiliki kemampuan berkompetisi secara global.

Institusi lainnya yang dikunjungi adalah Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Wakil Dekan I FKB DR. Roro Woelan turut hadir dan berbicara mewakili civitas dalam menerima kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, beliau meyampaikan misi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom yaitu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis berbasis teknologi informasi serta memanfaatkan  karya cipta unggul dalam bidang ilmu komunikasi dan bisnis untuk kesejahteraan dan  kemajuan  peradaban  bangsa. Lebih khusus institusi ini bertujuan  menghasilkan karya  cipta  dan  inovasi   yang bermanfaat   dalam peningkatan  kualitas  hidup masyarakat.

BBPSDMP Kominfo Medan melanjutkan kunjungan ke Bandung Digital Valley yang merupakan tempat bagi institusi, UKM maupun bisnis startup melakukan pengembangan produk mereka. Bisnis startup di Kota Bandung saat ini mulai bermunculan. Ciri khas bisnis ini adalah pemanfaatan kemajuan teknologi, khusunya teknologi informasi. Bandung Digital Valley (BDV) dihadirkan sebagai wadah tempat berkumpulnya startup, berkolaborasi dan menghasilkan inovasi dalam pengembangan bisnis mereka. BDV berada di bawah naungan dari PT. Telkom Indonesia, Tbk., dan mulai aktif sebagai pusat inkubasi bisnis yang memanfaatkan TIK sekitar 2012 lalu. Pada kesempatan tersebut Ibu Sendi memaparkan sekilas Divisi Digital Service, bagian dari PT. Telkom Indonesia, Tbk. yang mendapat tugas mengurus keberadaan BDV. Bagi startup yang ingin bergabung dengan BDV cukup membuka website www.indigo.co.id dan mendaftarkan startupnya, kemudian dapat langsung mencurahkan ide kreatif dan konsep yang ingin dijalankan. Pegawai BBPSDMP Kominfo Medan beserta rombongan sangat antusias dan aktif berdiskusi dalam sesi tanya jawab serta dalam mengeksplorasi laboratorium dan perpustakaan di BDV.(marta)

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *