• By Eki Yoan
  • October 2, 2023
  • No Comments

Mahasiswa Potensi Utama Dapat Sertifikasi BNSP Gratis

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo RI, bekerjasama dengan Universitas Potensi Utama menyelenggarakan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dalam rangka menyiapkan talenta digital Indonesia. Kegiatan VSGA ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Potensi Utama semester akhir dan lulusan pendidikan vokasi di sekitar kota Medan.

Tujuan Program VSGA untuk menyiapkan talenta digital dengan standar kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Target peserta adalah Angkatan Kerja Muda lulusan program pendidikan vokasi yang belum mendapatkan pekerjaan atau tidak sedang bekerja. Pembiayaan dalam kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan.

Penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi VSGA berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 2 sampai 6 Oktober 2023. Proses belajar berlangsung selama 3 (tiga) hari dan asesmen berlangsung selama 2 (dua) hari. Skema pelatihan dan sertifikasi dibagi atas Operator Komputer Madya, Junior Graphic Design, dan Junior Network Administrator dan Junior Web Developer. Jumlah peserta sebanyak 150 orang. Para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)