Melalui Pelatihan DEA, Diharapkan Pelaku UMKM Kab. Sijunjung Dapat Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Bidang Digitalisasi
  • By Eki Yoan
  • May 6, 2023
  • No Comments

Melalui Pelatihan DEA, Diharapkan Pelaku UMKM Kab. Sijunjung Dapat Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Bidang Digitalisasi

Dengan adanya pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Sijunjung, diharapkan pelaku UMKM dapat berkerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang digitalisasi. 

“Kami juga berharap agar pelaku UMKM mampu meningkatkan dan mengembangkan pendapatan usaha dengan memanfaatkan teknologi, dalam rangka mendorong meningkatkan daya saing produk.” ujar Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt. dalam sambutannya saat membuka pelatihan DEA Batch 2 yang diselenggarakan di Aula Balai Latihan Kerja Kab. Sijunjung, Sumatera Barat, Jum’at (5/05/2023).

Kegiatan pelatihan bagi pelaku UMKM tersebut ikut dihadiri oleh Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal, S.Kom., M.Eng. , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Kab.  Sijunjung David Rinaldo, S.STP., Ketua Dekranasda Kab. Sijunjung Nedia Fitri Guspardi, serta 150 peserta pelatihan yang merupakan pelaku UMKM dan masyarakat Kab. Sijunjung dan sekitarnya. 

Lebih lanjut, Iraddatillah saat ini pemerintah pusat, provinsi dan daerah sedang berupaya untuk mengatasi masalah perekonomian masyarakat yang menurun drastis terutama di empat sektor, diantaranya pariwisata, perdagangan, industri rumah tangga atau manufaktur dan pertanian dengan kebiasaan baru, beraktifitas dengan menggunakan aplikasi digital seperti handphone, laptop, notebook, dan personal computer.

“Maka dari itu saya mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, untuk belajar dan mengupdate diri, menambah wawasan dan keterampilan dalam kondisi yang kita alami saat ini. agar mampu beradaptasi dalam mengembangkan usaha, mengatasi permasalahan dari dampak pandemi Covid-19.” lanjutnya. 

“Dan pada kesempatan ini saya juga mengajak semua pihak untuk terus menjalin kerjasama sebagai upaya mewujudkan peningkatan kompetensi digital SDM dalam mewujudkan Kabupaten Sijunjung go digital yang tepat, cepat dan akurat. setoga Allah Swt berkenan memberikan restunya atas niat baik kita semua.” pungkas Iraddatillah.

Senada dengan hal tersebut, Plt. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal juga berharap agar kegiatan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjunng dapat terus berjalan dengan baik. Yusrizal juga menjelaskan bahwa ada beragam pelatihan yang diadakan melalui Gerakan Nasional Literasi Digital didasarkan pada 4 pilar utama, yakni digital skills, digital culture, digital ethics, dan digital safety, yang diberikan pada kelompok- kelompok masyarakat yang lebih spesifik agar pelatihan yang diberikan lebih tepat sasaran dan makin tepat guna.

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan bahwa pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema Pemasaran Digital Dasar melalui Kerjasama Kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemerintah Kab. Sijunjung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tangal 05 – 06 Mei 2023 yang diikuti oleh para pelaku usaha.” terangnya. – Gusmila