• By Widi a
  • April 1, 2024
  • No Comments

Melalui Pelatihan DEA, Pemerintah Kota Tanjungbalai Berupaya Menyiapkan UMKM Masuk dalam Bisnis Digital

Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Koperasi UKM Kota Tanjungbalai bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS) kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Walikota Tanjungbalai, pada tanggal 20 hingga 21 Februari 2024. 

Dalam kegiatan pembukaan pelatihan, Walikota Tanjungbalai H. Waris Thalib,  S.Ag., M.M. menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan Kota Tanjungbalai sebagai kota cerdas dan untuk mendorong kemudahan penyelenggaraan pelayanan publik Maka diperlukan adanya kerjasama strategis yang bersinergi di semua sektor, yang didukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) yang handal dalam berbagai layanan perkotaan.

”Pada zaman sekarang ini hampir semua orang Sudah mempunyai telepon cerdas (smartphone). Dunia berada dalam genggaman, semua  Informasi dapat diperoleh dari handphone kapan saja dan dimana saja.” ujarnya saat memberikan sambutan di Aula Kantor Walikota Tanjungbalai, Selasa (20/02/2024). 

”Dengan demikian pemerintah berupaya menyiapkan UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi digital dan masuk ke dalam bisnis digital. Pemerintah Kota Tanjungbalai berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini, karena saat ini masyarakat sudah memasuki era digital yang semakin canggih sehingga diperlukan juga peningkatan kualitas pemasaran digital di kalangan UMKM  di Kota Tanjungbalai.” pungkasnya. 

Selain itu,  Ketua Tim Kerja Perencanaan dan Keuangan BBPSDMP Kominfo Medan, Jarudo Damanik  menyampaikan bahwa Program DTS di Kota Tanjungbalai memiliki beberapa akademi yang akan dilaksanakan selain  DEA diantaranya Pelatihan Thematic Academy (TA) yang akan  dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 24 Februari 2024 dengan tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis  bagi Guru dan Tenaga Kependidikan serta tema Pengenalan Coding untuk Anak SD akan dilaksanakan pada  tanggal 22 hingga  23 Februari 2024. Akademi-akademi ini memiliki target peserta yang disesuaikan segmen masyarakat. 

”Pada pelaksanaannya, Kementerian Kominfo melibatkan  berbagai  pihak  terkait  mulai dari Perguruan Tinggi, Industri, Pemerintah Daerah (Provinsi maupun Kabupaten/Kota), Komunitas dan lain-lain sesuai masing-masing tema.” ujar Jarudo Damanik. 

Diketahui bahwa kegiatan pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Kepala Diskominfo Andrinuka Saptana,  S.Sos., MM., Kepala Dinas Koperasi UKM Agus Salim Lubis, S.T., M.M. serta Plt. Kepada  Dinas Pendidikan Mariani, S.Si., M.Si..