Mendukung Pengembangan Talenta Digital: Pelatihan Video Content Creator Kabupaten Aceh Tamiang Dilaksanakan
  • By Eki Yoan
  • July 11, 2023
  • No Comments

Mendukung Pengembangan Talenta Digital: Pelatihan Video Content Creator Kabupaten Aceh Tamiang Dilaksanakan

Aceh Tamiang, 11 Juli 2023 – Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tamiang, mengadakan pelatihan Video Content Creator sebagai bagian dari Program Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2023 di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tamiang.

Pelatihan yang diikuti oleh 75 peserta ini dibuka oleh Pj. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tamiang, Bastian S. Kom, selaku keynote speech pada acara tersebut. Selain itu, pelatihan juga dibuka oleh perwakilan dari PLT Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, yaitu Budiman, S. Sos.

Program Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk mengembangkan potensi talenta digital di Indonesia. Dalam era digital yang semakin berkembang, konten video telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Oleh karena itu, pelatihan Video Content Creator ini menjadi langkah yang sangat relevan dan penting dalam mendukung perkembangan industri kreatif di bidang digital.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif dalam menghasilkan konten video yang menarik dan berkualitas. Mereka diperkenalkan dengan teknik-teknik dasar pembuatan video, mulai dari perencanaan konten, pengambilan gambar, pengeditan, hingga penyebaran konten melalui platform-platform digital yang populer. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pemahaman tentang aspek hukum dan etika dalam pembuatan konten digital.

Budiman, S. Sos, selaku wakil dari PLT Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta dan kerjasama yang baik antara BBPSDMP Kominfo Medan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Tamiang dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Ia mengharapkan bahwa melalui pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menciptakan konten video yang berdampak positif dan memberikan kontribusi bagi industri kreatif di Indonesia.

Selain itu, Pj. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tamiang, Bastian S. Kom, menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini di daerahnya. Ia berharap bahwa peserta pelatihan dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk mengembangkan konten video yang mampu mempromosikan potensi daerah Aceh Tamiang secara lebih luas.

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan tentang berbagai aspek penting dalam menciptakan konten video yang kreatif dan menarik. Materi pelatihan meliputi teknik pengambilan gambar, pengeditan video, penyuntingan audio, hingga strategi pemasaran melalui platform digital. Peserta juga diberikan pengetahuan tentang hukum dan etika dalam pembuatan dan penyebaran konten digital.

Dalam sesi pelatihan, peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga praktik langsung dalam membuat konten video. Mereka diajak untuk berkolaborasi dalam tim dan menghasilkan karya video yang kreatif dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi dan perangkat lunak editing video yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan tren digital saat ini.

Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan narasumber yang ahli dalam bidang video content creator. Narasumber yang diundang adalah para profesional terkemuka di industri ini, yang telah berhasil menciptakan konten video yang sukses dan populer. Mereka berbagi pengalaman, kiat, dan strategi untuk mengembangkan karir sebagai video content creator yang sukses.

Pelatihan ini merupakan langkah yang positif dalam menghadapi tantangan era digital yang terus berkembang pesat. Dengan meningkatkan kemampuan kreatif dalam menciptakan konten video yang menarik, peserta diharapkan dapat menjadi pemain kunci dalam industri digital. Mereka dapat menciptakan konten yang inovatif, menginspirasi, dan relevan dengan target audiens mereka. (G)