Pelatihan Citizen Jornalism Bagi Masyarakat Kota Medan

    Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Citizen Journalism Bagi Masyarakat Kota Medan pada tanggal 17 Februari 2021 di Ruang Galeri BBPSDMP Kominfo Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebanyak 28 orang dengan mengikuti protokol kesehatan.

     Pelatihan Citizen Journalism Bagi Masyarakat Kota Medan secara resmi dibuka oleh Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan lahirnya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) menjadi stimulasi dan dibarengi dengan jaminan kebebasan dalam menyajikan berita, masyarakat umum dapat turut menyampaikan kejadian yang memiliki nilai berita. Oleh karena itu dilaksanakan pelatihan Citizen Journalism Bagi Masyarakat Kota Medan ini untuk dapat meningkatkan kemampuan diri dengan cara belajar bagaimana menulis yang baik. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Medan mengikuti kegiatan Citizen Jornalism dalam upaya meningkatkan nilai tambah yang ada dilingkungan kita. Sehingga Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk untuk meningkatkan atau memberdayakan kompetensi masyarakat agar dapat dimanfaatkan dilingkungan sekitar. Sejak dulu hingga sekarang TIK berkembang dengan pesat dan memberikan dampak yang besar terhadap komunikasi. Komunikasi terjadi dimana saja dan kapan saja.

   Citizen Journalism memang berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi media komunikasi terutama internet. Hadirnya kegiatan citizen journalism dapat membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi dan bertujuan meningkatkan kompetensi masyarakat dalam melakukan copywriting, sehingga dapat mempermudah kita untuk memperoleh informasi yang berkualitas dari segala penjuru. Dengan mengundang instruktur dari BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal, S.Kom., M.Eng., Frans Hendra Suryanta Sembiring, S.T.,M.S.M., Ratna,S.E.,M.S.,  Alex Siregar,S.Kom., Fachri Auliansyah,S.Kom. Pelatihan Citizen Journalism ini memungkinkan membuat masyarakat dapat bertukar infomasi mengenai suatu hal yang dapat membuat wawasan masyarakat  semakin luas dan juga menawarkan banyak hal yang membawa keberuntungkan bagi masyarakat.

     Diharapkan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan citizen journalism ini dengan sebaik-baiknya. Sehinga dapat menyebarluaskan informasi yang bermanfaat masyarakat lainnya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *