Pelatihan dan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) Kembali Digelar Di Kota Pekanbaru

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP KOMINFO) Medan yang bermitra dengan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru menyelenggarakan acara Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch 2 selama 5 hari, kegiatan mengambil lokasi di Hotel Grand Zuri Pekanbaru, 20-24 Juni 2022.

Kegiatan VSGA merupakan bimbingan teknis dan sertifikasi digital berbasis kompetensi nasional di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), pada VSGA Pekanbaru Batch 2 Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 75 peserta yang terdiri dari tiga skema pelatihan antara lain Junior Network Administrator (JNA), Junior Graphic Design (JGD) dan Junior Web Developer (JWD).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, S.T, MT, sekaligus membuka acara secara resmi mengucapkan terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas kesempatan sekali lagi diselenggarakannya program VSGA di Kota Pekanbaru pada tahun 2022 ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas terselenggaranya acara ini untuk kedua kalinya tahun ini, kita merasa bangga dan sudah seharusnya para peserta memaksimalkan kesempatan dengan adanya program pelatihan ini, dalam memajukan kemampuan digital khususnya di kalangan muda kota Pekanbaru, sehingga semakin mendukung program pemerintah Kota Pekanbaru Smart City,” ucapnya. Dalam paparannya, beliau juga berharap peserta yang mengikuti program ini dapat mengikutinya dengan semaksimal mungkin hingga mendapatkan status kompeten yang nantinya akan mampu memperoleh sertifikat kompetensi yang bertaraf internasional, khususnya di ASEAN.

Sementara dalam sambutannya, Koordinator Bidang Pengembangan SDM BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal , S.Kom., M.Eng., yang mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si mengatakan dengan diadakannya program VSGA Kota Pekanbaru Batch 2 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital di bidang teknologi, informasi dan komunikasi di kalangan muda Kota Pekanbaru

“Melalui program VSGA ini diharapkan meningkatnya tenaga terampil, tenaga terampil kita masih kurang dioptimalkan dibandingkan negara-negara tetangga kita di lingkup ASEAN, meskipun kita memiliki sumber daya manusia dengan jumlah yang besar, khususnya di usia muda, sehingga perlu kita tingkatkan dengan berbagai program-program pelatihan seperti ini,” jelasnya.

Beliau juga menyampaikan peserta pelatihan dan sertifikasi kompetensi yang nanti diharapkan dapat menjadi SDM yang mengembangkan teknologi, informasi dan komunikasi di Kota Pekanbaru . “Mudah-mudahan adek-adek para peserta ini bisa memperoleh status kompeten yang dilengkapi dengan sertfitikat kompetensi, hingga nantinya mampu menjadi SDM yang mengembangkan kemampuan digital di Kota Pekanbaru, yang nantinya akan semakin membantu mensukseskan program transformasi digital di Indonesia,” tutupnya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *