Pelatihan DEA dengan FST UINSU Medan
  • By Eki Yoan
  • March 22, 2023
  • No Comments

Pelatihan DEA dengan FST UINSU Medan

Salah satu program kemitraan dari kerjasama antara Fakultas Sains dan Teknologi UIN SU Medan (FST UINSU Medan) dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penlitian (BBPSDMP) Kominfo Medan adalah dalam penyelenggaraan program Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2023.

FST UINSU Medan dipercaya sebagai satu-satunya Universitas di Sumut untuk melaksanakan program DTS 2023 ini. Dengan skema Digital Entrepreneurship Academy(DEA), FST UINSU dijadwalkan menyelenggarakan sebanyak 2 batch, batch 1 dijadwalkan tanggal 20-21 Maret 2023 dengan kuota 100 orang dan batch 2 dijadwalkan tanggal 10-11 Mei 2023 dengan kuota 50-100 orang. Pelaksanaan kegiatan ini diorganized oleh Pimpinan dan Dosen Program Studi Ilmu Komputer yang menjadi panitia lokalnya.

Pelaksanaan DEA Batch 1 ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Maret 2023 bertemakan: “Pelatihan Pemasaran Digital Dasar” dengan pembukaan kegiatan di Auditorium FST dan kegiatan pelatihan di 3 ruang laboratorium komputer yang bertempat di Gedung Lab Terpadu UINSU Medan.

Pada kegiatan pembukaan diisi dengan sambutan dari PLT Ka Balai BBPSDMP Medan, Bpk. Yusrizal, S.Kom, M.Eng selanjutnya sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Dekan FST UINSU Medan, Bpk. Prof. Dr. Mhd.Syahnan, M.A. Dekan FST UINSU Medan juga dipercaya di kegiatan ini untuk menjadi keynote speech dengan tema “Penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digital untuk peningkatan ekonomi masyarakat”. Selanjutnya rangkaian kegiatan pembukaan juga diisi kegiatan panelis dengan 2 narasumber dari FST UINSU Medan. Untuk narasumber pertama, adalah Dosen Tetap Prodi Ilmu Komputer FST UINSU Medan Bpk. Dr. Mhd. Furqan, S.Si, S.H, M.Comp.Sc yang dipercaya membawakan materi: “Infrastruktur Digital Untuk Mendukung Keberhasilan Perdagangan Digital” dan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan FST UINSU Medan Bpk. Dr. Abdul Halim Daulay, S.T., M.Si dengan bahasan: “Peningkatan Pemanfaatan Marketplace untuk Penguatan Ekonomi Digital”. Dalam diskusi panel ini peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan melempar pertanyaan terkait materi yang disampaikan kepada kedua narasumber yang dipandu oleh Moderator Bpk. Ilka Zufria, M.Kom, Ketua Program Studi Ilmu Komputer FST UINSU Medan.

DEA batch 1 ini, diikuti oleh 100 orang peserta dimana 60% peserta berstatus sebagai dosen dan mahasiswa dilingkungan FST UINSU Medan dan 40% lainnya dari peserta umum yang bertatus sebagai pelaku UMKM di daerah Medan, Deli Serdang dan Binjai. Setelah rangkaian pembukaan, 100 peserta pelatihan dibagi ke dalam 3 ruangan laboratorium dan dilatih oleh 3 instruktur utama DEA yang sudah ditugaskan oleh BBPSDMP Kominfo Medan, yaitu Bpk. Darwis Sirait dari Pematang Siantar, Bpk. Hamdani Bayu dari Singkawang, Kalbar dan Bpk. Anwar Sadad Siregar dari kota Medan yang dibantu oleh Asisten Instruktur Bapak Ahmad Rozy, S.Kom.,M.Kom Peserta dilatih dalam waktu 2 hari dengan output kegiatan adalah memiliki kemampuan dalam memanfaatkan fasilitas TI untuk memasarkan produk secara digital serta mendapatkan surat izin usaha secara resmi yang dikeluarkan secara digital oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI. Peserta juga akan terus mendapatkan pendampingan selama 12 hari pasca kegiatan ini dipandu oleh ke-3 instruktur. Setelah melaksanakan postest untuk mendapatkan kelulusan dari program DEA ini, seluruh peserta juga mengikuti penutupan DEA Batch 1 yang diisi dengan kegiatan penyampaian kesan dan pesan dari peserta, instruktur dan perwakilan panitia dari BBPSDMP Kominfo Medan. Kegiatan ini pada akhirnya ditutup secara resmi oleh Dekan FST UINSU Medan yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan, Abdul Halim Daulay, S.T. M.Si.