Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) Di Kota Banda Aceh 3 – 4 Februari 2022

Dalam rangka  meningkatkan  Sumber  Daya  Manusia  yang  kompentensi  di bidang Teknologi  Informasi  Komunikasi (TIK), Balai Besar Pengembangan Sumber  daya Manusia dan Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan  bekerjasama   dengan Pemerintah Kota Banda Aceh menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) selama dua hari dimulai tanggal  3 – 4 Februari 2022 bertempat di Hotel Grand Permata Hati, peserta  sebanyak 100 pelaku  Usaha Kecil Menengah, Kamis ( 03/2/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo TIK Kota Banda Aceh Fadhil S.Sos M.M.,  Sub Koordinator Tata Usaha BBPSDMP Kominfo Medan, Parluhutan Siregar S.Sos., Kepala Bidang Pelayanan Pengaduan, Informasi Dan Pelaporan DPMPTSP Kota Banda Aceh Bujang Sahputra, S.Kom, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Banda Aceh  T. Taufik Mauliansyah, S.Si.T M.Si, Nourchalis, SE, MM Kepala Bidang Hubungan Media dan Ekosistem Smart City Diskominfotik Banda Aceh.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si. yang di wakili oleh Sub Kordinator Tata Usaha BBPSDMP Kominfo Medan Parluhutan Siregar S.Sos., dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya program pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memasarkan produk-produk UMKM dengan mendorong dan membekali pelaku  usaha yang memiliki ide  atau  sudah menjalankan  bisnis khususnya di Kota Banda Aceh.

Diharapkan bagi para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA ini dapat mengoptimalkan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital sebagai sarana transparansi melalui digital marketing yang mana jangkauan pasar lebih luas, modal yang dibutuhkan tidak besar karena tidak perlu sewa tempat, dan banyak keuntungan-keuntungan lainnya yang diperoleh.

Pada Kesempatan yang sama Walikota Banda Aceh yang di wakili oleh Kepala Kominfo TIK Kota Banda Aceh  yang menyampaikan data hari ini Pemerintah Kota Banda Aceh melaului Disperindagkop-UKM, tingkat pertumbuhan UKM kita naik di era pandemik ini (kurang lebih 16000 jumlah UMKM yang terdata). Ini menandakan jiwa wirausaha masyarakat Kota Banda Aceh itu besar. Tingkat pertumbuhan pariwisata naik 46% artinya peluang market dari luar itu datang kesini. Kami juga sangat mengapresiasi peserta hari ini banyak dari kalangan perempuan bahkan lebih besar dari jumlah peserta laki-laki. Ini menandakan bahwa kesetaraan gender dijamin di tanah Banda Aceh dan banyak para calon entrepreneurship dari kalangan perempuan Banda Aceh.

Ke depan Pemerintah terus berpikir agar UMKM ini selain jumlahnya tumbuh dan meningkat, namun dapat juga subur dan sukses memningkatkan kemakmuran masyarakat dan bukan malah menimbulkan kemeranaan karena tidak laku dan tidak tahu dimana pasarnya. Salah satunya merupakan acara Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini yang harapannya dapat meningkatkan literasi masyarakat dalam memanfaatkan digital untuk bersaing di dunia bisnis. Karena ke depan akan memasuki era digital (metaverse) dimana teknologi merupakan suatu hal yang menjadi keharusan jika tidak ingin tertinggal dari Negara-negara lain. Oleh karena itu mari kita sedikit demi sedikit meninggalkan pola-pola lama dan konvensional menuju arah digital dan acara ini merupakan salah satu peluang yang bagus untuk memfasilitasi hal tersebut. Mohon Bapak/Ibu terus hadir dan mengikuti kegiatan ini dengan serius.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *