PELATIHAN DIGITAL ENTERPRENEURSHIP ACADEMY (DEA) PENGELOLA KEUANGAN DI KOTA SINGKAWANG, KALIMANTAN BARAT

Pada tahun 2022 ini BBPSDMP Kominfo Medan bersama Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia, pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) dengan tema “Mengelola Keuangan, Akses Permodalan Dan Digital Marketing”. (07/03/2022)

Dalam sambutannya, Frans H. S. Sembiring mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan menyampaikan perlunya para pelaku usaha berbenah diri menyambut datangnya era digital dengan mau berinovasi yakni berani mencontoh dan mengembangkan produk dan layanan dari pelaku usaha lain yang sudah berhasil diterima oleh pasar. Senantiasi berkreasi, mencoba memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan menggali harapan, preferensi dan keluhan pelanggan untuk dapat menciptakan kepuasan pelanggan terhadap potensi produk dan layanan yang ditawarkan. Perlunya berkolaborasi dengan semua pihak, untuk memberikan kemudahan layanan penjualan dengan harga yang lebih terjangkau, dan adanya efeisiensi dalam biaya produksi dan pemasaran.

Walikota Singkawang, diwakili oleh Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si. mengatakan bahwa “Pemerintah Kota Singkawang telah memberi dukungan dalam mensukseskan perdagangan digital tersebut dengan membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM yang diampu oleh OPD terkait. Hal tersebut sangat penting guna memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui media sosial ataupun e-commerce yang akan menjangkau calon konsumen di seluruh wilayah Indonesia. Di zaman teknologi 4.0 ini, UMKM dimungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya didaerah saja namun jangkauannya bisa mencapai skala Nasional bahkan Internasional. Untuk itu, dengan penguasaan teknologi digital yang baik, UMKM di Kota Singkawang dapat melakukan ekspansi produknya secara global.”

Pelatihan DEA Batch ke tiga dari 5 Batch yang direncanakan bagi masyarakat Singkawang diikuti oleh sebanyak 100 orang dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari rapid tes antigen sebelum memulai kegiatan, menggunakan masker serta sanitizer, dan menjaga jarak, antar peserta dengan membagi peserta kedalam tiga kelas.

Demikianlah pelatihan DEA Kota Singkawang yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Hotel Swiss Bell Singkawang juga diisi dengan diskusi bersama Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Dra. Istri Handayani, M.Si, dan Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Singkawang Apriyanto, S.Sos dan pelatihan bersama para instruktur dari Politeknik Negeri Pontianak dan Bank BRI Cabang Singkawang.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *