Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Bagi Pelaku Usaha Serdang Bedagai

Balai Besar Pengembangan Sumber  daya Manusia dan  Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 07-08 September 2021 bertempat di Theme Park Hotel & Resort Pantai Cermin, Serdang  Bedagai, dengan peserta sebanyak 100 pelaku  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Selasa (07/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asiten Kabupaten Sergang Bedagai Bidang Ekonomi Pembangunan Sosial, Ir. H.Kaharuddin, MM,  Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai, Akmal, AP, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupten Serdang Bedagai, Nasrul Aziz Siregar, Para Instruktur dan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA.

Dalam sambutannya, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., mengatakan, “Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat  amanat   yang sangat penting, kondisi kita yang saat ini yaitu bagaimana bisa melakukan percepatan   transformasi digital di Indonesia. Di era digital kondisi kedepan perlu melakukan  kegiatan yang berdasarkan jaringan internet ataupun  secara online, ada 5 (lima) pokok ditetapkan Bapak  Presiden agar Indonesia meraih posisi digital yaitu percepatan akses informasi; membangun roadmap digital disektor pendidikan, perdagangan, kelautan; punya satu data; menyediakan  kebutuhan talenta digital dan membuat regulasi”.

“Kementerian Kominfo menyelenggarakan pelatihan digital untuk kaum masyarakat dan pelaku UMKM terutama pada anak kaum milenial karena Bapak Presiden juga menetapkan bagian  utama ekonomi digital adalah UMKM yang akan memberikan semangat baru dan dapat menyediakan banyak area tenaga kerja. Kedepannya kita menghadapi era industri 4.0 yang kesemuanya ini akan serba otomatis. Dunia digital yang setiap hari semakin ramai seperti pengguna media sosial. Diharapkan melalui kegiatan ini akan dapat memberikan manfaat dalam pengembangan kewirausahaan digital dan menghasilkan pelaku UMKM yang berhasil”, ujar Irbar.

Bupati Serdang Bedagai yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sosial, Ir. H. Kaharuddin, MM menyampaikan, “Pandemi Covid-19 membawa  dampak yang cukup besar hampir di segala sektor, salah satunya  pada  sektor ekonomi, tidak terkecuali pada UMKM yang ikut merasakan menurunnya omset penjualan  akibat  berkurangnya  daya beli masyarakat. UMKM  sebagai  penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga  kerja  tengah menghadapi penurunan produktifitas yang berdampak pada penurunan profit secara signifikan”.

UMKM merupakan salah satu potensi unggulan di Kabupaten Deli Serdang Bedagai, kita memiliki lebih dari 139.000 UMKM yang bergerak diberbagai sektor. Hal ini membuktikan  UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian, namun dari  sekian  banyak  UMKM  di Kabupaten Serdang Bedagai  masih  sangat  sedikit  yang memanfaatkan teknologi pemasaran. “Diharapkan kepada  peserta agar  mengikuti  kegiatan ini  dengan  serius dan fokus untuk menggali pengetahuan dan keterampilan teknologi digital yang disampaikan oleh para  narasumber yang ahli dibidangnya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo dan Informatika  Kabupaten  Serdang Bedagai, Akmal, AP, M.Si dalam paparannya mengenai Peraturan dalam Berdigital (Keamanan). Beliau menjelaskan Pasal 45 UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan, melanggar kesusilaaan, perjudian, penghinaaan, pemerasan atau pengancaman. Ada 5 (lima) tips bersosial  media yaitu, lengkapi profil secukupnya saja, berhati-hatilah  ketika kopi darat, bijaklah  dalam mengungah  gambar, selektiflah memilih  teman, bijaklah dalam berbagi informasi baik itu mengemukakan pendapat dan berbagi informasi di sosisal media seperti Instagram, Facebook, Whastapp, Youtube dan lainnya. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai  sarana  komunikasi digital, pelaku UMKM bisa menjangkau lebih  banyak  pembeli.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *