Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Bangkitkan Pelaku Umkm Kota Banda Aceh

Balai Besar Pengembangan Sumbser Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintahan Kota Banda Aceh menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) selama 2 hari dari tanggal 24 sd 25 Januari 2022 dengan jumlah peserta 100 orang pelaku UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Banda Aceh.

Yusrizal, S.Kom., M.Eng mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan DEA 2 yang bertema pengelola keuangan digital ini, merupakan salah satu dari skema pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS), dan  merupakan bagian  dari implementasi nota kesepakatan antara Badan Litbang SDM Kemkominfo  dengan 7 (tujuh) pemerintah  Kabupaten/Kota dalam rangka akselerasi program DTS 2022 melalui  sinergitas pengembangan SDM Digital yang telah ditandatangani oleh para pihak pada tanggal 23 Desember 2022. Dalam  nota kesepakatan tersebut masing masing kab/kota memperoleh  kuota antara 5000 sd 10.000 peserta DTS. Bagi pemerintah partisipasi dalam ekosistem ekonomi digital ini penting karena potensinya sangat besar dan dapat mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global dan akan terus mendorong digitalisasi UMKM, saat ini tercatat yang sudah masuk ke dalam aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce) jumlahnya terus bertambah, ujar Yusrizal.

Mewakili Wali Kota Banda Aceh, Fadhil, S.Sos., MM selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh juga menyampaikan bahwa Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemko Banda Aceh yang dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) SDM Kementerian Kominfo yang diteken pada Kamis 23 Desember 2021, di Aula Balai Kota Banda Aceh. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemko Banda Aceh terhadap MoU tersebut dan komitmen dalam meningkatkan perluasan digital daerah dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia di Kota Banda Aceh yang merupakan pilar-pilar pembangun implementasi Smart City.

Fadhil mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika yang turut hadir menjawab keterbatasan dari Pemerintah Daerah dalam melaksanakan kegiatan DEA ini, dan berharap agar pelaku UMKM memanfaatkan pelatihan ini dapat bersaing di dunia usaha di era digital seperti saat ini. “Seharusnya kita dapat memanfaatkan dengan optimal. Karena ke depan akan memasuki era digital (metaverse) dimana teknologi merupakan suatu hal yang menjadi keharusan jika tidak ingin tertinggal dari Negara-negara lain. Oleh karena itu mari kita sedikit demi sedikit meninggalkan pola-pola lama dan konvensional menuju arah digital dan acara ini merupakan salah satu peluang yang bagus untuk memfasilitasi hal tersebut”, pesan Fadhil.

Pembukaan acara DEA ini selain dihadiri oleh Bapak Fadhil, S.Sos., MM selaku  Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, Yusrizal, S.Kom., M.Eng selaku Koordinator Pengembangan SDM BBPSDMP Kominfo Medan juga dihadiri oleh Kabid. Pemberdayaan Usaha Mikro, Bapak Muda Bahlia, SE., M.Si., Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, Bapak Taufik Mauliansyah, S.Sit., Kabid. Layanan Hubungan Media dan Ekosistem Smart City Diskominfotik Banda Aceh, Bapak Nurcholis, SE., serta Para Kepala OPD di Pemerintahan Kota Banda Aceh.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *