Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan di Kab. Deli Serdang Tahun 2023
  • By Eki Yoan
  • February 16, 2023
  • No Comments

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan di Kab. Deli Serdang Tahun 2023

Deliserdang, 16 Februari 2023 – Memulai pelatihan digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah di tahun 2023, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan selenggarakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema ””Pemasaran Digital Dasar”” selama dua hari berturut-turut pada 16-17 Februari di BLK Deli Serdang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Tim Kerja DEA BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman, S.Sos, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan & Pembangunan Kab. Deli Serdang, HJ. Syarifah Alwiyah, M.Mk, Kepala Bidang Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian Dinas Kominfosan Kab. Deli Serdang, Suwardi, M.Kom, Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM Kab. Deli Serdang, Nugraha Ari Syahputa, serta 100 orang pelaku UMKM di Kab. Deli Serdang.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan pelatihan, Ketua Tim Kerja DEA BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman, S.Sos, mengatakan “BBPSDMP Kominfo Medan terus mendorong dan membekali pelaku usaha yang memiliki ide atau sudah menjalankan bisnis agar memiliki keterampilan untuk dapat masuk, mengadopsi, bahkan mengoptimalkan ekosistem digital.”

Mewakili Pemerintah Kab. Del Serdang, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan & Pembangunan Kab. Deli Serdang, HJ. Syarifah Alwiyah, M.Mk, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. “Kegiatan ini sejalan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Deli Serdang untuk meningkatkan daya saing ekonomi. Melalui kegiatan ini kami harap UMKM dapat naik kelas dari aspek produktivitas, ekspansi pasar, branding/mutu, digitalisasi, dan omset/aset”, ujarnya.

Pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan dua orang narasumber yaitu Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kab. Deli Serdang, Suwardi, M.Kom dan Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Deli Serdang, Nugraha Ari Syahputa.

Di penghujung pelatihan peserta juga menyampaikan terimakasih atas penyelenggaraan pelatihan DEA ini.

Pelatihan ini mengajarkan kami terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha seperti branding dan promosi usaha itu sendiri. Saya berharap Bapak/Ibu fasilitator maupun rekan-rekan sekalian dapat menjalankan apa yang kita pelajari selama dua hari ini dan menjadi manfaat bagi diri maupun perkembangan usaha kita”, perwakilan peserta pria.

Setelah mengikuti pelatihan ini saya jadi memahami bahwa sistem yang saya jalankan belum benar, seperti sistem penggajian. Banyak ilmu yang bisa saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini. Akhir kata saya mengucapkan terimakasih sekali lagi, semoga ilmu yang kami dapat lewat pelatihan ini bisa kami aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbisnis”, kata Nurika Lestari, perwakilan peserta wanita.

Sebagai informasi program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan beasiswa pelatihan dari Kementerian Kominfo yang ditujukan untuk masyarakat umum calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku usaha UMKM yang ingin naik kelas dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk dapat meningkatkan usahanya. Pelatihan DEA bertujuan untuk mendorong peningkatan keterampilan digital mulai dari dasar hingga menengah bagi calon pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha UMKM. Akademi ini menargetkan peserta dari masyarakat umum yang ingin memulai usaha, maupun pelaku UMKM.