Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2023 Di kabupaten Sigli, 5-6 Juli 2023
  • By Eki Yoan
  • July 7, 2023
  • No Comments

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2023 Di kabupaten Sigli, 5-6 Juli 2023

Pidie, 6 Juli 2023 –  Untuk ketiga kalinya pada tahun 2023 di Kabupaten Pidie, diadakan pelatihan Pemasaran Digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan Menyelenggarakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema ‘Pemasaran Digital Dasar’ selama dua hari, Rabu-Kamis, 5-6 Juli di Aula Op. Room Kantor Bupati Pidie.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Budiman, S.. Sos yang mewakili Plt. Kepala BBPSDMP Medan, Yusrizal S.Kom, M.Eng, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kab. Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Pidie, Muhammad Fafhli, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pidie, Cut Afrianidar, SH. M SI. Serta para panitia baik dari BBPSDMP Kominfo Medan maupun Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Pidie.

Dalam sambutannya, Budiman berpesan “ Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) menawarkan berbagai pelatihan digital secara gratis guna mendukung transformasi digital masyarakat Indonesia . Salah satu akademi pelatihan yang ditawarkan adalah Digital Entrepreneurship Academy (DEA), yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat umum, khusunya para pelaku usaha (UMKM) maupun calon pelaku usaha (UMKM). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital khususnya bagi para pelaku UMKM.

Sedangkan, mewakili Pemerintah Kabupaten Pidie, Sekretaris Dinas Kabupaten Pidie Bapak H.Idhami, S.Sos, M.Si mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas kepercayaan yang diberikan untuk berkesempatan menyelenggarakan acara DEA ini untuk ketiga kalinya pada tahun 2023, beliau berharap dengan adanya acara ini secara konsisten berkontribusi dan berkelanjutan melaksanakan kegiatan peningkatan SDM agar mampu berdaya saing di era industri 4.0 bagi para pelaku Usaha Menengah Mikro. “Kemampuan inovasi dan kratifitas sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Pada zaman serba digital seperti ini, tentu pelatihan sejenis ini sangat dibutuhkan untuk mampu mendukung kemampuan para pelaku UMKM di daerah kami ini guna menjangkau pasar yang lebih luas, karena pemasaran digital tidak mengenal waktu dan tempat, sehingga peluang mengembangkan usaha lebih terbuka lebar di ruang digital.”

Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini sendiri sejatinya merupakan beasiswa pelatihan dari Kementerian Kominfo yang ditujukan untuk masyarakat umum calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku usaha UMKM yang ingin naik kelas dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk dapat meningkatkan usahanya. Pelatihan ini memiliki tujuan utama berupa peningkatan keterampilan digital mulai dari dasar hingga menengah bagi calon pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha UMKM. Akademi ini menargetkan peserta dari masyarakat umum yang ingin memulai usaha, maupun pelaku UMKM, guna mendukung percepatan transformasi digital Indonesia. – Ronald Limbong