Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2023 Di kabupaten Toba pada 7-8 Maret 2023
  • By Eki Yoan
  • March 14, 2023
  • No Comments

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) BBPSDMP Kominfo Medan Tahun 2023 Di kabupaten Toba pada 7-8 Maret 2023

Toba, 8 Maret 2023 –  Pelatihan Pemasaran Digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah di tahun 2023, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan Menyelenggarakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema ‘Pemasaran Digital Dasar’ selama dua hari pada 7-8 Maret di Institut Teknologi Del.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal, S.Kom., M.Eng, Bupati Kabupaten Toba Ir. Poltak Sitorus, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Toba Sesmon TB.ButarButar, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba Manuntun Sagala, SE., M. Si. Serta instruktur dan peserta pelatihan yang berjumlah 75 orang 

Dalam Sambutannya Plt Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Mengatakan “ Digital Talent Scholarship (DTS) menawarkan berbagai pelatihan digital. Salah satu akademi pelatihan yang ditawarkan adalah Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang dapat diikuti oleh masyarakat umum, pelaku usaha (UMKM) maupun calon pelaku usaha (UMKM). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital khususnya bagi para pelaku UMKM.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari bupati kabupaten toba serta membukan acara secara resmi beliu menuturkan “ Pemerintah Kabupaten Toba menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan, yang secara konsisten berkontribusi dan berkelanjutan melaksanakan kegiatan peningkatan SDM agar mampu berdaya saing di era industri 4.0 bagi para pelaku Usaha Menengah Mikro. Kemampuan inovasi dan kratifitas sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Ada empat hal yang harus dikuasai oleh pelaku usaha, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Produk harus unggul dan dikemas dengan baik. Harga harus dapat bersaing, tidak terlalu tinggi atau terjangkau. Berkaitan dengan tempat, pelaku usaha dapat menawarkan produknya dengan memanfaatkan media online, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Pelaku usaha harus bisa mempromosikan produknya dengan baik.”

Selanjutnya Kegiatan Dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Toba Sesmon TB.ButarButar, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba Manuntun Sagala, SE., M. Si.

Sebagai informasi program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan beasiswa pelatihan dari Kementerian Kominfo yang ditujukan untuk masyarakat umum calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku usaha UMKM yang ingin naik kelas dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk dapat meningkatkan usahanya. Pelatihan DEA bertujuan untuk mendorong peningkatan keterampilan digital mulai dari dasar hingga menengah bagi calon pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha UMKM. Akademi ini menargetkan peserta dari masyarakat umum yang ingin memulai usaha, maupun pelaku UMKM.