Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Di Kabupaten Dairi

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bertempat di Ones Hotel.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Dairi, Dr. Eddy Keleng Berutu, dalam sambutannya menyampaikan, “UMKM sebagai penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja telah menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan sekitar 88% usaha mikro kehabisan kas atau tabungan dan lebih dari 60% usaha mikro kecil ini sudah mengurangi tenaga kerjanya. Meski begitu pandemi covid -19 secara tidak langsung telah mendorong perubahan baru dalam langganan usaha yaitu beralihya bisnis offline menuju bisnis digital yang dikenal juga sebagai fenomena kewirausahaan digital”.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Berutu mengucapkan banyak terimakasih kepada Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan, Kementerian Kominfo yang telah bersedia melatih 5000 orang warga Kabupaten Dairi melek digital melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2022. Sebanyak 1.250 orang akan dilatih secara luring (tatap muka lansung) dan 3750 orang secara daring.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, yang diwakili oleh Koordinator Koordinator Tata Usaha, Amal Hasyim, S.Sos, melaporkan, bahwa pelatihan DEA saat ini bertemakan pengelola keuangan digital. DEA ini merupakan salah satu dari tema pelatihan DTS dan merupakan suatu latihan untuk meningkatkan Kompetensi pengelolaan keuangan digital yang merupakan bagian dari implementasi Nota Kesepakatan akselerasi program DTS 2022 melalui sinergitas pengembangan SDM Digital antara Badan Litbang SDM Kemkominfo dengan tujuh Pemerintah Kabupaten/ Kota yang telah ditandatangani oleh para pihak pada tanggal 23 Desember 2021. Dalam nota kesepakatan tersebut masing-masing kab/kota memperoleh kuota antara 5000-10.000 peserta DTS. Salah satu pelajaran penting dalam pandemi Covid-19 adalah terjadinya akselerasi penggunaan digital dalam memenuhi kebutuhan konsumsi, kegiatan produksi, maupun transaksi investasi.

Untuk kegiatan kali ini diikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan para pelaku UMKM, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai 21 s.d. 22 April 2022, dan sebelum kegiatan dimulai para peserta telah melakukan tes Rapid Antigen terlebih dahulu dengan hasil negatif.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *