Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Dairi

Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang semakin pesat tentu memerlukan sumber daya manusia yang mampu berkontribusi terhadap perekonomian selaku pelaku usaha. Pelaku UMKM sebagai pondasi dasar untuk mengembangkan usaha yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang diharapkan akan mampu mendorong pelaku UMKM untuk mengembangan usahanya, yang kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi yang diadakan di Hotel Mutiara Dairi, Kabupaten Dairi pada tanggal 28-29 September 2021 dengan jumlah peserta 80 orang. Dalam pelatihan ini kepada setiap peserta dilakukan Swab Test Covid dahulu sebelum pelaksanaan acara tersebut dan dengan hasil dinyatakan negatif.

Kegiatan DEA ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Dairi, Dr. Edi Keleng Ate Berutu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Rahmat Syah Munthe, S.STP., M.Si, dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Dairi, Oloan Hasugian, ST.

Bupati Kabupaten Dairi, Dr. Edi Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan “Pelaku UMKM dapat memanfaatkan transaksi non tunai sehingga mempercepat dan mengefisiensikan setiap usaha atau bisnis. Hal ini tidak dipungkiri bahwa teknologi keuangan menjadi daya saing tersendiri dalam berusaha. Potensi ekonomi digital yang diperankan oleh pelaku UMKM sejatinya menjadi perhatian pemerintah. Keberpihakan dalam berbagai aspek perlu dilakukan agar pelaku ini tumbuh dan berkembang, khususnya dalam memanfaatkan perangkat digital. Maka salah satu upaya dalam medukung hal tersebut hari ini kita menyelenggarakan pelatihan ini agar peserta dapat memperoleh pengetahuan untuk penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) digital untuk peningkatan ekonomi.”

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *