Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Di Kabupaten Padang Lawas Utara

Dalam rangka  meningkatkan  Sumber  Daya  Manusia  yang  berkompenten di bidang Teknologi  Informasi  Komunikasi (TIK), Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) selama dua hari, yang dilaksanakan tanggal 2-3 September 2021, bertempat di Hotel Sapadia, Gunung Tua, diikuti sebanyak 100 peserta yang merupakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kamis (02/9/2021).

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Padang Lawas Utara, H. Burhan Harahap, SH,  Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara, Samsul Bahri Daulay, S.Ag, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Utara, Lailar Rusdi Nasution, S.STP.,MM beserta jajarannya, Kadis Pariwisata Kabupaten Padang Lawas Utara, Eva Sartika Siregar, SH., M.Kn, Kadis Ketenagakerjaan Koperasi dan UMKM Kabupaten  Padang Lawas  Utara, Siti Awan, SH, dan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA tersebut.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya program pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memasarkan produk-produk UMKM dengan mendorong dan membekali pelaku  usaha yang memiliki ide  atau  sudah menjalankan  bisnis khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara. Diharapkan bagi para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA ini dapat mengoptimalkan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital sebagai sarana transparansi melalui digital marketing yang mana jangkauan pasar lebih luas, modal yang dibutuhkan tidak besar karena tidak perlu sewa tempat dan banyak keuntungan-keuntungan lainnya yang diperoleh.

Bupati Padang Lawas Utara yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Padang Lawas Utara, H. Burhan Harahap, SH, memberikan sambutan yang sekaligus membuka acara secara resmi mengucapkan terima kasih yang setinggi- tingginya atas dipilihnya kembali Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai salah satu lokasi pelaksanaan pelatihan DEA oleh BBPSDMP Kominfo Medan, “Dan kita patut berbangga hati karena BBPSDMP Kominfo Medan sudah tiga kali melaksanakan pelatihan di Kabupaten Padang Lawas Utara. Sangat disayangkan  apabila kesempatan ini disia-siakan  kerena kegiatan pelatihan ini  gratis tanpa  biaya   yang  merupakan sebuah  bukti komitmen pemerintah  daerah dan pusat  dalam  meningkatkan  pengetahuan dan  keterampilan pelaku UMKM dalam bidang Teknologi  Informasi dan Komunikasi untuk memasarkan produk- produk UMKM  yang ada di Kabupaten  Padang  Lawas Utara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Anggota DPRD Padang Lawas Utara, Samsul Bahri Daulay, S.Ag dalam  paparannya menjelaskan peningkatan  kualitas SDM  sangat penting dan tidak ada batas usia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Perkembangan  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus  betul-betul kita  arahkan dan memanfaatkan ke arah yang positif demi  kemajuan bangsa kita. Dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan  pendapatan rakyat pemerintah  Kabupaten  Padang Lawas Utara akan  terus  memfasilitasi pelaku UMKM  untuk  memasarkan hasil produknya ke pasar online melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Whastapp dan Youtube. Dengan  memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi tanpa batas waktu dan ruang, pelaku  UMKM bisa menjangkau lebih  banyak  pembeli.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *