Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kota Payakumbuh

BBPSDMP Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan pelatihan DEA Tahap 2 dengan tema “Mengelola Keuangan, Akses Permodalan dan Digital Marketing” yang diadakan di Hotel Mangkuto Syariah, Kota Payakumbuh pada tanggal 25-26 September 2021, dengan peserta 101 orang yang telah terlebih dahulu mengikuti Rapid Test Antigen Covid19.

Kegiatan DEA ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler, SH, dan dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, Armen Busra, S.Kom, dan ketiga instruktur  Dr. Nurul Fauzi, SE., MM., Ak., dari Politeknik Negeri Padang, Nurlinda., SE., Ak., M.Si., dan  Dr  Ilham Hidayah Napitupulu S.E. M.Si Ak dari Politeknik Negeri Medan.

Dalam sambutannya Irbar Samekto menjelaskan perkembangn digitalisasi yang semakin pesat menuntut keahlian para UMKM memanfaatkan teknologi yang ada untuk membangun usahanya. Perkembangan teknologi ini seharusnya memberikan hasil yang positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) selaku pelaku usaha, perlu disiapkan dan ditingkatkan pengetahuan serta skill-nya untuk mendorong wirausaha yang dapat memadukan aktivitas usahanya baik secara offline maupun online. Kebijakan yang dilakukan tentunya harus diiringi dengan penguatan SDM, khususnya pembangunan kapasitas SDM sampai dengan lapisan masyarakat. Sehingga penguatan SDM menjadi poin yang perlu diperhatikan oleh semua pihak. Salah satunya dengan mendorong peningkatan kemampuan wirausaha digital melalui Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA)”, jelasnya.

Dahler mengatak an pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM di bidang digitalisasi. Dengan pemahaman yang baik mengenai pemasaran produk secara digital, diharapkan dapat mempersiapkan para pelaku UMKM meningkatkan pendapatan usaha mereka, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini.” “Saya berharap pelatihan ini, dapat memperkuat dan meningkatkan skill para pelaku usaha, memahami model bisnis yang tepat dijalankan secara digital dan memanfaatkan teknologi e-commerce” ujar Dahler.

Demikianlah melalui pelatihan DEA ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan perkembangan ekonomi digital, sehingga para pelaku UMKM dapat mengatasi permasalahan ekonominya yang terdampak pandemik.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *