Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di PDD Politeknik Negeri Pontianak di Kapuas Hulu

Balai Besar Pengembangan Sumbser Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) pada tanggal 26 – 27 November 2021 bertempat di PDD (Program Studi Di Luar Domisili) Politeknik Negeri Pontianak di Kapuas Hulu, dengan peserta sebanyak 100 orang yang berasal dari para pelaku UMKM dan mahasiswa/I Politeknik Negeri Pontianak kampus Putussibau.(26/11/2021)

Pembukaan kegiatan tersebut yang seyogianya dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, diwakili oleh Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan, Serli, S.Sos, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa berdasarkan data BPS tahun 2020 terdapat 2.697 UMKM dari 5.667 UMKM berbasis usaha di Kabupaten Kapuas Hulu yang belum melakukan proses perizinan. Selain itu sejak tahun 2019 UMKM di Kabupaten Kapuas Hulu telah diperkuat dengan penyaluran KUR dari berbagai bank seperti BRI, BNI, Mandiri dan Bank Kalbar. Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sehingga penguatan UMKM digital di Kabupaten Kapuas Hulu dapat terwujud untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, “Kedaulatan dan kemandirian digital bangsa Indonesia menjadi salah satu fokus arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang mengajak seluruh elemen bangsa memanfaatkan konektivitas digital agar dapat menghubungkan Indonesia dengan pola pikir, kesempatan bisnis global, dan masa depan baru. Penyiapan talenta digital yang cakap dalam menghadapi era disrupsi digital, menjadi salah satu penggerak utama pemanfaatan konektivitas digital yang produktif sebagai perwujudan agenda transformasi digital Indonesia”.

“Badan Litbang SDM  Kementerian Komunikasi dan Informatika menyakini  penyelenggaraan kegiatan Pelatihan  dan semacamnya ini, dapat mendorong peningkatan kualitas pengembangan sumber daya manusia (SDM)  khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi /digital  untuk meraih tingkat daya saing bangsa  Indonesia yang lebih baik. Secara spesifik, pelatihan DEA ini diharapkan menumbuhkan  kompetensi di Bidang TIK/digital  yang dapat mengoptimalkan kehadiran finansial inklusif  TIK sehingga pemanfaatan TIK dapat memberikan hasil bagi  peningkatan kesejahteraan masyarakat”, lanjut Irbar.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan diskusi panel dengan narasumber dari Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Serli, S.Sos, MM dengan materi “Digitalisasi Bisnis Usaha UMKM di Lingkungan Kabupaten Kapuas Hulu” dan Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Ansela Sarating dengan materi “Pemanfaatan Marketplace Untuk Penguatan Ekosistem Ekonomi Digital”.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *