Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Di Politeknik Negeri Bengkalis

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Bapak Johny Cluster, MT mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) dan Mahasiswa/i untuk dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan perangkat digital untuk mempromosikan produknya. Himbauan ini disampaikan Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Bapak Johny Cluster, MT pada acara pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang merupakan bagian dari program Digital Talent Sholarship (DTS), di Politeknik Negeri Bengkalis (12/11/2021).

Pelatihan DEA ini diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bengkalis, Dinas Kominfo Kabupaten Bengkalis, dan Dinas UMKM Kabupaten Bengkalis. Pelatihan ini diikuti  100 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 12 sampai 13 November 2021.

Acara pembukaan dihadiri Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Bapak Johny Cluster, MT, Kepala Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi UKM Kab. Bengkalis, Bapak Suparman, S.Sos., dan Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si.

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Bapak Johny Cluster, MT dalam paparannya menjelaskan kelemahan dari UMKM saat ini, yakni manajemen pengelolaannya masih sederhana, rendahnya akses terhadap lembaga kredit, belum memiliki status badan hukum dan terkonsentrasi pada usaha tertentu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis, Bapak Drs. Sufandi, M menyampaikan bahwa transformasi digital ekonomi memiliki peran penting dalam mendorong munculnya potensi lingkungan kewirausahan, membuka peluang pasar yang luas bagi calon wirausaha.

Selanjutnya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bengkalis, Suparman, S.Sos menyampaikan bahwa “Bisnis atau usaha rumahan dapat dipasarkan melalui platform digital, sehingga sekarang saatnya UMKM go digital”.

Pada penutupan pelatihan ini Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si menyempatkan diri hadir untuk memberikan sambutannya dan sekaligus menutup pelatihan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program Digital Entrepreneurship Academy merupakan salah satu bagian dari program Digital Talent Scholarship 2021 Kementerian Kominfo, semoga ilmu yang diberi dari Instruktur kepada peserta DEA bermanfaat dan semoga menjadi berkah bagi kita semua.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *