Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Di Kota Banda Aceh

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Digital di Hotel Grand Permata Hotel.

Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak., M.M., membuka kegiatan tersebut secara resmi dalam sambutannya menyampaikan, “Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan tindak lanjut Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemko Banda Aceh dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kementerian Kominfo tahun 2021. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemko Banda Aceh terhadap MoU tersebut dan komitmen dalam meningkatkan perluasan digital daerah dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia di Kota Banda Aceh yang merupakan pilar-pilar pembangun implementasi Smart City.

Apresiasi Pemerintah Kota Banda Aceh kepada Kementerian Kominfo RI melalui BBPSDMP Kominfo Medan yang turut hadir menjawab keterbatasan (terutama dalam hal dana) dari pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan DEA di Kota Banda Aceh. Diharapkan agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan dengan optimal kesempatan tersebut, karena melalui acara yang terselenggara ini dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM agar dapat bersaing di dunia usaha di era digital seperti saat ini.

Berdasarkan Data Disperindagkop-UKM Kota Banda Aceh, tingkat pertumbuhan UKM pada masa pandemi covid-19 di Kota Banda Aceh mengalami kenaikan (kurang lebih 16.000 jumlah UMKM yang terdata). Hal ini menandakan jiwa wirausaha masyarakat Kota Banda Aceh besar. Tingkat pertumbuhan pariwisata juga mengalami kenaikan sebesar 46%.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, diwakili Koordinator Tata Usaha, Amal Hasyim, S.Sos, melaporkan, pelatihan DEA saat ini bertemakan pengelolaan keuangan digital. DEA ini merupakan salah satu dari tema pelatihan DTS dan merupakan suatu latihan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan digital yang merupakan bagian dari implementasi nota kesepakatan akselerasi program DTS 2022 melalui sinergitas pengembangan SDM Digital antara Badan Litbang SDM Kemkominfo dengan tujuh pemerintah kabupaten/kota yang telah ditandatangani oleh para pihak pada tanggal 23 Desember 2021. Dalam nota kesepakatan tersebut masing-masing kabupaten/kota memperoleh kuota antara 5000 – 10.000 peserta DTS. Salah satu pelajaran penting dalam pandemi covid-19 adalah terjadinya akselerasi penggunaan digital dalam memenuhi kebutuhan konsumsi, kegiatan produksi, maupun transaksi investasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, T. Taufik Mauliansyah, S.Si.T., M.Si, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banda Aceh, Bujang Sahputra, S.Kom, beserta jajaranya dan  pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *