Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Digital di Kabupaten Bireuen

Balai Besar Pengembangan Sumber  daya Manusia dan Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Digital bertempat di Aula Hotel Fajar Bireuen,  Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 6-7 November 2021.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber daya manusia Kementrian Kominfo Bapak Drs. Irbar Samekto, M.Si., Bupati Bireuen yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen, Bapak M. Zubair, SH.,MH., Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Bireuen yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Ibu Ir. Anizar dan Kepala Bidang TIK dan e-government Bapak Mirza, S.Kom., MM.

“Transformasi digital ekonomi diperlukan dalam mendorong munculnya potensi lingkungan kewirausahaan, menaruh kiprah yang lebih menonjol pada cara baru dengan berbasis platform Internet serta menunjukkan peluang pasar yang semakin tinggi bagi calon wirausaha. Dengan mendorong dan membekali pelaku usaha yang memiliki ide atau sudah menjalankan bisnis diharapkan memiliki keterampilan untuk dapat masuk, mengadopsi, bahkan mengoptimalkan bisnisnya berbasis digital untuk dapat bersaing di era digital”, ujar Drs. Irbar Samekto,M.Si dalam sambutannya.

Bupati Bireuen yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen Bapak M. Zubair dalam sambutannya mengatakan Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19 dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan UMKM di era ekonomi digital. Selain itu pengembangan UMKM digital juga menjadi salah satu strategi penyelamatan UMKM agar tetap eksis di masa pandemi covid-19. Banyak pelaku UMKM menyatakan bahwa penggunaan digital marketing membantu mereka dalam menginformasikan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Para pelaku UMKM yakin bahwa penggunaan digital marketing memperluas pangsa pasar mereka, meningkatkan awareness bagi konsumen karena pelaku UMKM rutin memperbarui informasi mengenai produk setiap hari sekali serta meningkatkan penjualan karena beberapa UMKM juga berkolaborasi dengan beberapa marketplace.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *