Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Digital Di Kota Pekanbaru

Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar utama dalam menggerakkan perekonomian negara. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru terus mendukung kesejahteraan para pelaku UMKM di Pekanbaru, agar lebih berkembang dan memiliki daya saing tinggi. Hal ini disampaikan oleh Asisten III Setda Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi dalam sambutannya yang mewakili Walikota Pekanbaru sekaligus membuka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) gelombang yang ke-3 di Grand Zuri Hotel, Jalan Teuku Umar, Kamis (08/02). Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan yang telah melaksanakan pelatihan DEA ini untuk ke-3 kalinya dalam mencapai target sesuai dengan nota kesepakatan akselerasi program DTS 2022 khusus di Kota Pekanbaru yang mencapai 10.000 kuota.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan, Daryanis Febrihani mengatakan, salah satu kebutuhan untuk meningkatkan perkembangan usaha, adalah dengan memahami penggunaan teknologi informasi. “Saya percaya dalam pelatihan ini, bapak dan ibu dapat memahami penggunaan IT dalam pengembangan usaha dan pemasaran, yang juga bermanfaat untuk menghadapi era digital”.  Ia berharap, pelaku UMKM semakin mengoptimalkan ilmu yang telah diberikan selama pelatihan, dalam mencari peluang marketplace atau sasaran pasar dalam usahanya.

Selain itu, Daryanis juga menganjurkan agar pelaku usaha bersatu dan mendirikan koperasi demi meningkatkan kesejahteraan bersama. Dengan adanya koperasi, pelaku usaha juga bisa mendapatkan dukungan modal.

“Untuk mempermudah mendapatkan modal, pelaku usaha bisa mendirikan sebuah wadah koperasi. Karena koperasi dibentuk untuk mensejahterakan anggota. Jadi dari anggota dan untuk anggota,” pungkasnya.

Sementara itu, agenda pelatihan DEA di Kota Pekanbaru ini juga dihadiri oleh yang mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Dinas Kominfo Kota Pekanbaru, para instruktur dan peserta pelaku UMKM di Kota Pekanbaru yang berjumlah 100 orang.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *