Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bengkalis

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Keuangan bertempat di Kantor Camat Bukit Batu, Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kab. Bengkalis, Riau.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM,  H. Alfakhrurrazy, ST, M.Si., membuka kegiatan tersebut secara resmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan, yang telah menggelar kegiatan DEA Tahun 2022 di Kabupaten Bengkalis. Kementerian Kominfo telah memberikan kesempatan dan peluang kepada pemerintah Bengkalis untuk bersinergi dalam upaya pengembangan wawasan dan peningkatan keahlian masyarakat di bidang TI.

Kegiatan DEA 2022 merupakan langkah tepat pemerintah guna mendorong dan membekali pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis  agar dapat bersaing untuk mengoptimalkan bisnis berbasis digital. Melalui pelatihan DEA. Jumlah pelaku UMKM di Bengkalis adalah 68.322 UMKM diharapkan kedepannya Kabupaten Bengkalis akan memiliki banyak pelaku UKM yang mempunyai kapabilitas dan mempunyai kapasitas digital, sehingga menjadi modal besar dalam mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju, dan sejahtera.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung dan siap bersinergi dalam menyukseskan program DEA, karena program ini memiliki nilai tambah yang sangat besar bagi masyarakat dan daerah. Program ini sangat sejalan dengan visi pemerintah daerah. Melalui misi meningkatkan kapasitas dan kemampuan kualitas SDM serta meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan sasaran terwujudnya perekonomian masyarakat yang maju, terbangunnya basis ekonomi masyarakat yang kokoh serta termwujudnya SDM yang unggul, mandiri dan berdaya saing. Melalui strategi membangun kekuatan ekonomi masyarakat menghadapi resesi akibat krisis atau pandemi, penerapan teknologi dan inovasi dari aspek produksi, pengelolaan, pemasaran, permodalan dan transaksi keuangan.

Kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, dan memahami materi yang akan disampaikan oleh narasumber, mampu menguasai aplikasi dan teknologi sistem pasar digital sebagai tren jual beli masa kini, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendongkrak nilai produk UKM maupun produk domestik regional bruto Kabupaten Bengkalis.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, diwakili Koordinator Tata Usaha, Amal Hasyim, S.Sos, melaporkan, pelatihan DEA saat ini bertemakan pengelolaan keuangan digital. DEA ini merupakan salah satu dari tema pelatihan DTS dan merupakan suatu latihan untuk meningkatkan Kompetensi pengelolaan keuangan digital yang merupakan bagian dari implementasi nota Kesepakatan akselerasi program.

DTS 2022 melalui sinergitas pengembangan SDM Digital antara Badan Litbang SDM Kemkominfo dengan tujuh Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah ditandatangani oleh para pihak pada tanggal 23 Desember 2021. Dalam nota kesepakatan tersebut masing-masing kab/kota memperoleh kuota antara 5000- 10.000 peserta DTS. Salah satu pelajaran penting dalam pandemi Covid-19 adalah terjadinya akselerasi penggunaan digital dalam memenuhi kebutuhan konsumsi, kegiatan produksi, maupun transaksi investasi.

Kondisi pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di tengah dan pasca pandemi Covid-19 membutuhkan dukungan semua pihak termasuk pemerintah untuk mempertahankan usaha bisnisnya agar tetap bertahan selama pandemi. UMKM dalam negeri dituntut cepat beradaptasi agar usaha terus berjalan.

Dijelaskan, pelatihan DEA ini berlangsung selama dua hari, 11-12 Maret 2022 dengan jumlah peserta peserta 80 orang. Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Bengkalis Adi Sutrisno, S.E sebagai narasumber, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Bengkalis, Suparman S.Sos  dan instruktur dari praktisi pelaku usaha dan akademisi.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *