Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy di Kabupaten Batu Bara

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM), Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batu Bara dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Batu Bara menyelenggarakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bertempat di Aula Hotel Banyuwangi pada tanggal 8-9 April 2021.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, H. Sakti Alam Siregar, S.H yang mewakili Bupati Batubara yang dalam sambutannya mengutip pernyataan Julia Sweet (Direktur Accenteru), “Sangat sulit mengubah budaya dan tenaga kerja menjadi perusahaan yang relevan di dunia digital jika semua proses terjebak di dunia konvesional”. Oleh karena itu beliau mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pelaku usaha di Kabupaten Batu Bara dapat bertransformasi menjadi wirausaha berbasis digital. “Kementerian Koperasi dan UMKM mencatat ada tambahan 2 juta UMKM terhubung ke dalam ekosistem digital. Dengan dampak pandemi covid-19 ini membuat para pelaku bisnis kecil dan menengah indonesia semakin resah karena semakin lama pendapatan yang dihasilkan semakin menurun. Kalau kita lihat penghasilan masyarakat saat ini 99% rezekinya itu dari kita berbisnis/pengusaha. Maka perlu kita ajarin ini agar pemulihan ekonomi terbangun kembali. Dengan berkembangnya  smartphone konsumen tidak perlu ragu untuk menghubungi bisnis anda pada jam tertentu, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari informasi mengenai produk ataupun melakukan transaksi”, lanjut Sakti Alam Siregar.

Turut hadir dalam acara ini Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M. Si, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batu Bara, Andri Rahadian, AP, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Batu Bara yang diwakili sekretaris dinasnya, Dra. Yusnani Syam Lubis, M.Si, Pengurus TP-PKK Kabupaten Batu Bara, Anggi Arif Hanafiah dan para pelaku UMKM di Kabupaten Batubara.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si  dalam sambutannya menyampaikan, “Sebagai pelaku UMKM, kita sebagai manusia harus mengetahui teknologi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi di era digital ini sebagai sarana tranfaransi melalui digital, oleh sebab itu kita perlukan pembangunan tiang 4G agar masyarakat mengetahui informasi melalui digital”.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batubara, Andri Rahadian mengharapkan para pelaku UMKM mengoptimalkan smartphone dan jaringan internet sebagai sarana marketing digital untuk mendukung masyarakat yang digital.

Dalam kegiatan juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan  Memorandum Of Understanding  (MoU) antara BBPSDMP Kominfo Medan dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batu Bara, dalam hal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia bidang Kominfo. Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si didampingi Kordinator Tata Usaha BBPSDMP Kominfo Medan, Amal Hasyim, S.Sos dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batu Bara, Andri Rahadian, AP didampingi staff dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, H. Sakti Alam Siregar,S.H. serta Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Dra. Yusnani Syam Lubis, M.Si.

Terkait dengan PKS tersebut Kepala BBPSDMP Kominfo Medan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan akan menjalankan kewajiban kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *