Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Di Kabupaten Toba

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Toba melaksanakan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Balige, Kabupaten Toba. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dimulai pada tanggal 06 s/d 07 Mei 2021, bertempat di Hotel Labersa dan diikuti oleh 60  peserta yang merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Toba.

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari  Kamis tanggal 06 Mei 2021 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, M.Sc, dan dihadiri Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, Kepala Dinas Kominfo Kab. Toba Drs. Lalo H. Simanjuntak, M.Si., Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM Kab. Toba, Ir. Tua Pangaribuan, M.Si. serta para Instruktur.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Toba, Bapak Ir. Poltak Sitorus, M.Sc., mengatakan, “Untuk membangun SDM yang unggul dan handal maka Pemerintah Kabupaten Toba saat ini mendorong para pelaku UMKM maupun calon wirausahawan agar selalu kreatif, inovatif dan produktif serta mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi pada situasi Pandemi Copid-19, kita dihadapkan dengan situasi yang tak terduga dan penuh ketidakpastian sehingga diperlukan skill sheet yang mumpuni termasuk mindset, adaptif,  fleksibilitas,  kolaborasi kompleks public shopping serta karakter inovatif”.

Lanjutnya lagi, “Para peserta yang berbahagia, pelatihan Digital Entreneurship Academy kali ini dilakukan dengan belajar secara tatap muka dalam bentuk bimbingan langsung oleh para instruktur, praktisi dan kewirausahaan agar benar-benar diikuti secara serius dan nantinya dapat dipraktekkan langsung oleh para pelaku UMKM. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kita ingin mewujudkan Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar,  untuk itu kita ingin SDM yang unggul, kita ingin UMKM di Toba ini yang benar benar dapat memajukan ekonomi yang saat ini pertumbuhan ekonomi kita sedang tidak menentu, kita harus mengikuti perkembangan zaman, tidak bisa lagi kita dengan cara cara yang dulu, sekarang era digitalisasi, era digital maka inilah waktu yang tepat untuk kita bersama sama melalui pelatihan ini dapat menguatkan usaha Mikro Kecil dan Menengah Digital, sehingga masyarakat dapat lebih baik ke depan”.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *